7 Cara Mudah Membuat Suara Kenari Gacor Tanpa Putus

Burung Kenari dikenal banyak orang sebagai pengicau yang suka gacor ngerol panjang tanpa putus. Dan perawatannya pun juga dinilai relatif gampang dan tidak mudah stres.

Makanan utamanya hanya berupa biji-bijian yang mudah didapat dan disimpan di rumah. Dan beberapa makanan tambahan lain seperti telur puyuh, sayuran, buah-buahan dan lain sebagainya.

kenari gacor

Meski dari segi perawatan terbilang mudah namun untuk membuat burung kenari gacor tanpa putus tidaklah sesederhana yang dipikirkan kebanyakan orang.

Untuk bisa menciptakan dan memoles burung kenari agar cepat gacor dengan durasi panjang, maka seorang pemilik atau perawat sebaiknya harus memiliki pengetahuan tentang bagaimana cara merawat kenari agar gacor panjang tanpa putus.

Syarat Kenari Gacor

Berikut beberapa poin penting dalam merawat kenari supaya gacor tanpa putus dengan volume suara yang keras dan mengkristal adalah faktor kesehatan, mental yang tangguh, nafas yang kuat dan tingkat birahi yang ideal. Itu beberapa hal yang musti anda perhatikan.

# Cara Membuat Suara Burung Kenari Gacor Tanpa Putus


Sebelum terlalu jauh memikirkan bagaimana pola perawatan kenari terbaik agar gacor panjang dan mengkristal sebaiknya anda pastikan terlebih dahulu bahwa burung kenari yang anda pelihara berjenis kelamin jantan.

Sebab hanya kenari jantan yang punya kualitas paling baik dalam melantunkan suara kicauan khasnya. Di arena lomba pun tentu kenari pejantan yang selalu menjadi andalan para pemain burung kontes. Baiklah berikut tips mudah membuat suara burung kenari gacor tanpa putus yang bisa anda coba praktekan sendiri di rumah.

1. Melatih Otot Burung Kenari Pada Sangkar Umbaran


Guna meningkatkan kekuatan otot-otot burung kenari maka pelatihan fisik di sangkar umbaran menjadi salah satu cara jitu yang bisa anda lakukan. Dengan membiarkan kenari terbang bebas pada kandang umbaran membuat otot-otot nya lebih kuat.

Dengan begitu tentu juga akan menambah kekuatan nafas dan vokal yang akan meningkat. Jika otot dan nafas burung sudah semakin kuat pasti kenari bisa gacor dengan durasi lebih panjang dan keras.

Sangkar umbaran yaitu sebuah sangkar yang dibuat khusus dengan bentuk memanjang guna mengumbar burung untuk kepentingan pelatihan otot, pernafasan dan diet. Ukurannya biasanya ada yang 1 meter sampai dengan 3 meter. Mulai dari bahan kayu, aluminium dan besi dengan model paten maupun yang bisa di lipat.

Dalam melatih fisik atau otot burung kenari pada sangkar umbaran sebaiknya bisa anda lakukan sebanyak 3 kali seminggu dengan kurun waktu sekitar 3 jam-an dalam sekali melepaskan burung pada kandang umbaran tersebut.

Nah kalau si burung tidak mau terbang dari tangkringan sebelah kanan ke kiri ataupun sebaliknya, maka anda bisa membantunya dengan sebilah kayu untuk menggiring. Dengan begitu si cantik mungil itu akan terbang di dalam kandang umbaran tersebut. Tapi lakukan dengan lemah lembut saja yang penting dia mau terbang.

2. Mental Burung Kenari Yang Tangguh


Burung kenari yang bermental tangguh akan cendrung lebih berani dalam mengeluarkan kualitas suara kicauan terbaiknya baik di teras rumah apalagi di arena lomba perlombaan.

Bisa kebayangkan.. apa jadinya jika seekor burung kenari lomba tak mempunyai mental yang tangguh, maka ia tidak akan totalitas saat berkicau paling-paling ia ragu-ragu mau bunyi atau mungkin malah mendengarkan suara kicauan sang lawan.

Karena dalam dirinya terbayang bayangi oleh perasaan takut, baik takut terhadap penonton yang ramai, juri yang wira-wiri di bawah sangkar maupun pada kenari lawan yang gacor panjang-panjang tampa putus di depannya.

Oleh karena itulah, melatih burung kenari agar bermental baja sangat-sangat penting diterapkan semenjak usia muda.

Salah satu cara yang lumayan ampuh guna membuat mental kenari tangguh dan pemberani adalah sering membawa dan menggantungnya ke tempat baru yang berbeda-beda. Mulai dari area sekitar rumah.. misal mulai dari teras depan rumah, belakang, di bawah pepohonan dan atap rumah.

Lalu anda juga bisa melatih keberanian mental nya dengan sering membawa ke arena latber di deket-deket rumah dulu. Walaupun tidak ikutan lomba tidak masalah, karena hal ini merupakan pelatihan mental semata.

3. Memaster Burung Kenari dengan Masteran Berkualitas


Tips berikutnya yaitu memberikan pelatihan pemasteran pada burung kenari dengan masteran kenari gacor panjang tanpa putus. Untuk lebih mudahnya sebaiknya anda gunakan masteran burung kenari dalam format mp3 saja dengan kualitas yang betul-betul istimewa.

Kecuali di rumah anda ada burung kenari gacor dengan volume lantang dan panjang, maka boleh gunakan masteran burung asli. Jadi ini relatif bisa pakai audio mp3 atau burung asli, namun saya pribadi lebih suka pakai audio mp3 karena lebih fleksibel.

Tahukah anda.. Mengapa harus memakai masteran berkualitas, karena burung kenari itu juga dianugerahi keahlian menirukan suara burung masteran yang diperdengarkannya.

Oleh karena itu, usahakan selalu memilih masteran burung kenari (suara kenari asli) yang jempolan.  Bererapa kriteria masteran kenari yang bagus adalah suara dan cengkoknya jelas, jernih dan mengkristal, volumenya lantang dan ngerol panjang tidak putus-putus.

Nah kalau anda memilihkan suara masteran dengan kriteria kurang lebih seperti itu, maka hasilnya akan jauh lebih maksimal jika anda menggunakan masteran dengan kualitas seadanya. Si mungil kenari juga akan menirukan lagu seperti pada suara master tersebut.

4. Sangkar Kenari Harian yang Ideal


Penggunaan sangkar harian yang ideal bagi burung kenari juga amat sangat penting untuk membuat kenari merasa nyaman dan sehat bugar setiap harinya. Pengertian sangkar ideal buat kenari yaitu ukurannya pas, jangan sampai terlalu kecil.

Malahan jika sangkar berukuran lebih besar atau luas akan jauh lebih bagus lagi, karena si kenari akan leluasa terbang bebas di dalam sangkar. Dengan demikian maka otot-otot sayap, dada dan lainnya akan lebih kuat begitu juga dengan kesehatannya.

Nah kalau burung sudah sehat secara fisik dan mental, maka bukan tidak mungkin si burung tersebut akan mampu berkicau dengan kualitas lebih sempurna (lebih panjang dan juga lebih lama).

5. Burung Kenari Harus Sehat Luar dan Dalam


Burung kenari yang sehat dan fit menjadi salah satu faktor utama agar bisa berkicau dengan durasi semakin panjang dan lama. Oleh karenya, menjaga kesehatan burung  menjadi prioritas utama bagi perawat setiap harinya.

Beberapa perawatan yang dapat menunjang kesehatan burung kenari antara lain adalah memberikan makanan bermutu mulai dari jenis biji-bijian pilihan, menambahkan pakan tambahan seperti telur puyuh rebus 3x seminggu dan juga isrisan buah apel dan tak lupa sayuran hijau yang bisa disajikan secara selang-seling.

Memandikan dan menjemur burung kenari secara rutin juga menjadi rawatan harian yang tak boleh dilewatkan jika anda menginginkan si cantik kenari sehat selalu. Kalau si pengicau mungil ini sudah sehat secara fisik dan mental maka jangan heran ia akan rajin gacor setiap harinya.

6. Berikan Dedaunan atau Makanan Tambahan Penggacor Alami


Makanan tambahan spesial yang bisa anda manfaatkan guna membuat burung kenari semakin gacor dengan volume lebih keras kristal dan ngerol panjang adalah sebagai berikut..
  • Daun Mengkudu / paceh muda
  • Daun Gingseng jawa
  • Daun Krokot
  • Daun Binahong
  • Telur puyuh Rebus
  • Buah Apel

Dari beberapa EF di atas admin lebih menyukai memberikan burung kenari daun mengkudu muda yang pemberiannya digantung di dalam sangkar. Karena stok di sekitar rumah banyak jadi mudah didapat. Selain itu memberikan pula asupan telur puyuh dan irisan buah apel merah.

7.  Birahi Burung Kenari Haruslah STABIL


Dari beberapa metode perawatan di atas, ada satu trik jitu lagi dimana upaya ini juga terbilang teramat sangat penting yaitu menstabilkan birahi kenari. Jika anda tahu cara merawat kenari agar tingkat birahinya stabil atau ideal maka gacoan kenari akan gacor dengan performa terbaik.

Karena kalau saja birahi kenari terlalu tinggi ia tidak akan sanggup berkicau ngotot, anteng atau nagen di atas tangkringan. Malahan yang ada dia akan sering menabrak jeruji sangkar, turun ke dasar sangkar dan melompat-lompat.

Begitu pula jika kurang birahi, maka akan kurang bersemangat untuk ngerol panjang. Untuk itu, anda sebagi kenari mania yang up to date alangkah sangat baiknya kalau anda paham cara menstabilkan birahi burung kenari.

# Kesimpulan

Itulah tata cara merawat burung kenari biar gacor panjang tanpa putus. Sebuah upaya perawatan yang musti anda lakukan secara rutin dan konsisten agar membuahkan hasil yang optimal.

Saya doakan semoga burung kenari andalan anda bisa cepat gacor siang dan malam agar anda semakin sayang dan senang. Jika sudah rajin gacor dengan kualitas mumpuni maka untuk bisa memenangkan kejuaraan akan terbuka lebih lebar. Dan pastinya akan dihargai lebih mahal.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel