Cara Mencetak Lovebird Gs - Green Series / Blorok Hijau

Tags
Cara Mencetak Lovebird GS. Dalam dunia burung Lovebird, Lovebird Blorok merupakan salah satu jenis yang sangat diminati. Hal ini tidak bisa terlepas dari keunikan dari susunan warna bulunya yang terkesan tidak rapi. Namun disitulah letak keindahan sesungguhnya. Dan jangan salah jika harganya masih relatif mahal hingga sekarang ini.

lovebird gs, green series, cara cetak lovebird gs
Lovebird GS Dakun (rahmatjualianto)

Mengingat Lovebird Blorok memiliki banyak penggemar dan nilai jual lumayan mahal, banyak peternak yang berusaha menyilang atau mencetak Lovebird Blorok. Lovebird Blorok itu sendiri ada beberapa varian jenis misalnya Lovebird GS (green series) blorok ijo, Lovebird BS (blue series) blorok biru, Blorok Mouve, Blorok Parblue, Bs Vio atau Blorok Violet dan lain sebagainya.

Ketahuilah untuk dapat mencetak dan menghasilkan anakan Lovebird Blorok entah itu Lovebird GS maupun Lovebird BS memerlukan waktu yang relatif lama, jika itu dilakukan dari awal sekali. Karena harus melawati beberapa kali kawin silang. Dan perlu anda tahu bahwa Lovebird GS Dakun (dada kuning) dinilai lebih istimewa dan mahal ketimbang Lovebird GS Dajo (dada ijo).

#1 Cara Mencetak Lovebird GS


Cara mencetak Lovebird GS dengan lebih cepat dan mudah, pertama peternak harus memasangkan indukan yang memiliki gen blorok, meski secara visual tak terlihat Blorok. Dengan begitu proses untuk menghasilkan keturunan berwarna blorok akan jauh lebih cepat.

Untuk mendapatkan anakan Lovebird yang mempunyai gen blorok hijau, diperlukan beberapa kawin silang beda warna. “Tipsnya.. pertama kita kawinkan lovebird lutino dengan warna hijau / dakori, maka anakan akan dominan keluar warna hijau dan lebih sedikit lutino, kemudian anakan ini baik hijau dan lutino dikawinkan lagi dengan lutino (sebaiknya yang punya trah blorok juga) maka anak-anaknya berpeluang lebih besar keluar Blorok.

ternak lovebird gs, lovebird gs dakun dajo
Lovebird green series (suhendrabf)

Nah jika saja anda mau lebih cepat dalam mencetak lovebird blorok ini, tentu kalian harus mencari bahan ke peternak secara langsung yang dapat dipercaya dan anda bisa memastikan indukannya. Ciri-ciri peternak yang baik itu memiliki data-data hasil penangkarannya. Semisal anakan A merupakan hasil kawin silang dari Induk B vs Induk C. Dengan begitu dapat diketahui asal-usulnya secara detail.

Tapi ya begitu, tidak semua peternak rela menjual anakan lovebird miliknya yang bergenetik Blorok. Yak karena untuk bisa mencetaknya memerlukan waktu relatif lama kurang lebih 7 bulanan hingga anakan tersebut siap diternak. Oh iya, jika saja anda beruntung, anakan bisa saja keluar Lovebird Warna Sebelah atau yang lebih umum dikenal dengan sebutan Lovebird Half Sider. Mantap bukan!.

#2 Cara Ternak Lovebird GS


Ada satu cara lagi yang lebih cepat dan efisien yakni dengan menjodohkan dan mengkawinkan Lovebird GS dengan Lovebird GS, maka anakan yang dihasilkan sangat dominan keluar blorok. Beski begitu jangan kecewa jika saja anakan juga ada yang keluarnya tidak sesuai harapan, karena bisa saja lahir hijau standar atau warna biasa lainnya tergantung warna indukan sebelumnya dan bergantung pada garis rezeki anda juga. Hmm.

Artikel Terkait

This Is The Newest Post