Mengenal Ciri-Ciri Burung Trucukan Lebih Dekat Plus Gambar nya

Tags
Burung Trucukan atau dalam bahasa internasional dikenal dengan nama Yellow vented bulbul merupakan jenis burung yang dianugerahi talenta berkicau luar biasa, khususnya dalam membawakan sebuah nyanyian ropel. Dimana ciri khas gaya berkicau ngeropel itu juga biasa dibawakan oleh kerabat dekatnya, yaitu Cucak Rowo. Kedua burung tersebut sama-sama dinilai berkualitas dari segi suara gacorannya, namun keduanya memiliki pangsa pasar dan penggemar tersendiri.

Burung Trucukan

Trucukan juga umum disebut Burung Trucuk, Merbah Cerukcuk atau Jogjog dimana penyebutan nama tersebut mengacu pada burung bersuara merdu dengan nama ilmiah Pycnonotus goiavier.  Di alam bebas, populasi burung trucukan ini bisa dibilang cukup banyak. Karena sering terlihat berkeliaran di sekitar pemukiman warga, semak belukar, perkebunan, pinggir jalan. Dan kerap dijumpai memakan buah chery, pisang dan pepaya di pohonnya. Trucukan juga gemar memakan serangga seperti jangkrik, belalang, laba-laba dan kupu-kupu.

Burung kicau bernama trucukan ini memiliki ciri khasnya sendiri sebagai salah satu jenis hewan peliharaan favorit kicau mania. Adapun karakteristik cerukcuk adalah suka berkicau ngeropel terkadang sembari membuka merentangkan sayap (nggaruda) meski baru bangun tidur di pagi hari. Itulah sebabnya banyak orang terpikat untuk memelihara dan merawatnya. Kebiasaan ini terbilang unik, sebab tidak semua burung kicau terbiasa menyanyikan sebuah kicauan ropel yang merdu terlebih di pagi buta saat matahari belum terbit.

Nah untuk mengenal lebih dekat dengan pengicau yang masih bersaudara dengan burung kutilang ini, yuk simak ciri-ciri fisik / penampilan bulu lebih mendetail berikut ini.

Ciri-Ciri Trucukan / Yellow Vented Bulbul

  • Warna bulu coklat kelabu gelap pada sisi atas dan putih kusam di sisi bawah.
  • Postur tubuh sekitar 20 cm di ukur dari ujung ekor hingga ujung paruh.
  • Mempunyai mahkota atau jambul kehitaman di bagian atas kepala.
  • Bulu-bulu halus yang menutupi area pantat berwarna kuning cerah.
  • Trucukan jantan posturnya lebih besar daripada trucukan betina.
  • Ciri khas suara trucukan ngeropel dengan kualitas alunan lagu sangat merdu.
  • Sering memekarkan kedua sayap “Garuda” saat sedang berkicau untuk menunjukan daerah teritorialnya.

Demikian ulasan singkat mengenai seluk beluk dan ciri-ciri burung trucukan yang dapat ditulis dan diposting melalui blog BurungBabe kali ini. Bagi kalian yang ingin menikmati suara nyanyian burung trucukan dengan kualitas sangat mumpuni, maka peliharalah trucukan jantan. Karenan kemampuan melantunkan lagu ngerol ngropel panjang dinilai lebih jago ketimbang trucukan betina.

Namun mungkin bagi sebagain teman-teman khususnya yang junior ada yang masih belum tahu perbedaan burung trucukan jantan dan betina, silahkan baca tulisan berikut tentang cara membedakan trucukan jantan dan betina yang jitu dan akurat.

Artikel Terkait