Mengenal Ciri-Ciri Burung Murai Batu Nias Lengkap dengan Gambarnya

Burung Murai Batu Nias merupakan salah satu burung murai yang namanya juga terkenal di kalangan kicau mania tanah air selain jenis murai batu populer lainnya. Banyak pecinta burung yang sangat menyukai murai batu nias ini, karena memang selain memiliki skill berkicau yang mantap ia juga identik dengan ciri khas uniknya yaitu bulu ekor berwarna hitam, makanya ia sering juga disebut Blacktail shama.

Setiap jenis murai menyuguhkan kelebihan dan ciri fisik serta gaya berkicau yang terkadang memiliki karakteristik keunikan tersendiri. Namun murai nias diklaim juga punya kemampuan berkicau yang tak kalah baiknya dengan murai batu medan. Walaupun begitu, jika dilihat dari tingkat popularitas dan pamor masih di bawah murai batu medan. Sebab murai batu medan diyakini lebih sering menjuarai kontes sedangkan murai batu nias hanya segelintir.

Akan tetapi ada satu hal yang juga musti diingat oleh para muraimania yaitu perawatan menjadi faktor penting yang turut menjadi penentu apakah burung peliharaan akan menjadi burung jawara atau tidak. Selain itu, kualitas dari individu burung murai itu sendiri juga menjadi faktor penting lainnya. Itu sebabnya pemilihan burung bakalan berkualitas dan memberikan perawatan pemasteran perlu dilakukan dengan tepat dan konsisten.

Ciri-Ciri Burung Murai Batu Nias


Burung murai batu nias adalah satu diantara jenis murai yang lebih gampang dikenali terutama pada ciri fisik di bagian ekornya. Berikut ciri murai batu nias berdasarkan karakteristik penampilan warna bulu dan skill berkicaunya.

#1. Ciri Penampilan Fisik

Adapun cirinya yang mudah dikenali adalah bulu ekornya berwarna hitam pekat dan polos  dengan panjang sekitar 17 sampai 20 cm. Disamping itu postur tubuhnya relatif kecil sama halnya dengan murai batu lampung. Pada bagian warna bulu di dada tampak oranye gelap.

#2. Kemampuan Berkicau

Skill berkicau Murai Batu Nias tak perlu diragukan lagi. Ia juga pandai menirukan suara burung lainnya dengan volume suara yang lantang, agak ngebas dan mengkristal. Style berkicaunya pun cukup nyentrik yakni mengerak-gerak kepala saat berkicau. Banyak para pecinta murai batu memilih murai batu nias untuk hanya sebagai klangenan di rumah bahkan untuk diikutkan di ajang perlombaan.

#3. Wilayah Persebaran

Seperti pada namanya ia berasal dari kepulauan Nias yang berada di Sumatera. Namun kini sudah cukup sulit ditemukan di habitat aslinya. Maka dari itu, alangkah lebih bijaknya jika anda mememlihara murai batu nias hasil penangkaran. Akhir-akhir ini juga ada penangkar yang beternak burung murai batu dengan mengkawin silangkan murai batu nias betina dengan murai batu medan jantan. Nah dari kawin silang ini menghasilkan anakan murai yang unggul.


Harga Burung Murai Batu Nias

  • Harga Murai Batu Nias Ekor Hitam Trotolan | Rp 2.500.000
  • Harga Murai Batu Ekor Hitam (Nias) Dewasa hutan | Rp 1.500.000
  • Harga Murai Batu Nias Gacor / Sudah Jadi sekitar | Rp 3.500.000

Itulah ulasan terkait burung murai batu nias yang ternyata juga mempunyai kelebihan lain yaitu mental tempur yang bagus, mudah berdapatasi dengan lingkungan baru, tidak mudah stress dan cepat dalam menirukan kicauan burung lain. Murai batu nias ini memancarkan daya pikat tersendiri bagi para penggemar setianya. Tak heran jika kemudian turut mendongkrak popularitas si Murai berekor hitam ini.

Artikel Terkait