Mengenal Ciri-Ciri Burung Murai Batu Borneo / Kalimantan & Harganya

Burung Murai Batu Borneo atau yang juga sering disebut Murai Batu Kalimantan merupakan salah satu pengicau yang cukup diminati di kalangan kicau mania, meskipun pamornya masih di bawah Murai Batu Medan, MB Nias, MB Aceh dan sebagainya. Terlepas dari itu, Murai Batu Borneo ini juga memiliki talenta berkicau lumayan baik dengan ciri khas  mengembangkan bulu-bulu dada dan perut ketika berkicau sehingga tampak mengembung.

Murai Batu Borneo berasal dari Kalimantan sehingga tak heran jika kemudian ia sering juga  disebut Murai Batu Kalimantan. Selain itu ada juga beberapa burung murai yang berasal dari Sumatera seperti Murai Batu Medan, Murai Batu Aceh, Murai Batu Lampung dll. Dan rata-rata burung muray yang berasal dari wilayah Sumatera mempunyai kualitas sangat istimewa dan lebih difavoritkan. Dari semua jenis burung murai umumnya punya kemiripan secara penampilan.

Ciri-ciri Murai Batu Borneo


Mengingat burung murai ada kemiripan antara jenis satu dengan lainnya, seperti murai batu lampung mirip dengan murai batu borneo sehingga bagi pemula cukup menyulitkan untuk membedakan mana burung murai borneo dan sebaliknya. Oleh sebab itu, sebagai Murai Batu Mania alangkah baiknya jika dapat menentukan jenisnya. Karena akan menjadi  keuntungan tersendiri bagi para hobis. Berikut ciri murai borneo berdasarkan ciri fisik dan skill berkicaunya.
  • Bulu ekor pendek yakni hanya sekitar 8-13 cm saja.
  • Bentuk ekor semakin ke ujung makin melebar.
  • Warna bulu di bagian dada dan perut tampak coklat muda dan sedikit cerah.
  • Suara kicauannya kurang lantang dan kurang mengkristal.
  • Alunan suara nyanyiannya cendrung monoton atau kurang variasi.
  • Gaya bertarung (berkicau) sangat khas yakni membusungkan dada atau mengembangkan bulu saat berkicau.

Mengenal Jenis Murai Batu Kalimantan

  • Murai Batu Banjar (Ciri panjang ekor: 10-14 cm)
  • Murai Batu Palangka (Ciri panjang ekor: 14-18 cm)
  • Murai Batu Mahkota (Ciri panjang ekor: 8-14 cm)


Harga Murai Batu Borneo / Kalimantan


Pasaran harga terbaru burung murai batu kalimantan berada dikisaran Rp 700.000.-

Itulah informasi karakteristik burung murai batu borneo beserta harganya. Dari karakter itulah mungkin bisa kita tarik kesimpulan bahwasanya ada beberapa hal yang menjadi pemicu sehingga membuatnya masih kalah pamor dengan saudaranya yang berasal dari Sumatera. Semisal dari sisi postur terbilang mungil dengan bulu ekor yang juga pendek. Namun begitulah setiap varian jenisnya dianugerahi keunggulannya dan kekurangannya masing-masing.

Artikel Terkait