Mengenal Ciri-Ciri Burung Manyar Lebih Dekat Lengkap dengan Gambar

Tags
Burung Manyar adalah burung paling cerdas dalam membuat sarang yang sangat istimewa. Manyar jantan berlomba-lomba membangun sarang paling megah untuk menarik perhatian manyar betina. Kecerdasan dan keahliannya layaknya arsitek ulung dalam membangun rumah / sarang yang begitu unik, nyentrik dan rapi itu tidak ia dapatkan dari pelatihan manapun. Tapi yang jelas sadar atau tidak pasti ada yang mengajarinya. Tak mungkin hewan tanpa akal itu mampu buat sarang segitu rumitnya tanpa ada campur tangan yang lain (?).

Sebagai pecinta burung kicau terkadang mendapat hidayah dari segala keunikan dan kelebihan yang dimiliki setiap jenis burung yang dilihat dengan mata kepalanya. Sehingga menambah keimanannya pada sang khalik. Secara tak langsung mengagumi kecerdasan seekor burung kicau itu sesungguhnya mengagumi keagungan sang pencipta. Terlepas dari hal itu, Burung manyar memang dianugerahi kemampuan paling menonjol dalam membuat sarang yang indah diantara jenis burung lainnya.

Burung manyar yang mempunyai ciri khas paruh tajam dan tebal itu juga dibekali keahlian berkicau dengan karakternya sendiri. Terlebih jika ia dilatih lagi dengan suara masteran burung lain, seperti suara kenari, blackthroat, mozambik dan sebagainya pastinya kemampuan berkicaunya akan tereksplor lebih baik lagi.  Karena Manyar atau yang juga disebut burung penganyam ini pandai meniru dan melantunkan kicauan burung jenis lain.

Sedikitnya ada tiga jenis burung manyar favorit yang ada di Indonesia adalah Manyar Emas, Manyar Jawa dan Manyar Tempua. Dari ketiga varian tersebut memiliki ciri khas warna bulu yang berbeda. Untuk membedakan manyar jantan dan betina pun relatif mudah. Sebab pengicau yang dalam bahasa internasional dinamakan Weaver bird ini merupakan burung dimorfik artinya antara manyar jantan dan manyar betina mempunyai tampilan warna bulu yang berbeda. Jadi lebih gampang dibedakan jenis kelaminnya saat remaja - dewasa hanya dengan memperhatikan warna bulunya.

Ciri-Ciri Burung Manyar / Weaver Bird


Biar lebih kenal dekat dengan semua jenis burung manyar yang ada dan populer di tanah air, silahkan anda perhatikan baik-baik pada gambar jenis burung manyar berikut.


.............

Habitat dan Makanan Burung Manyar


Makanan utama burung manyar adalah biji-bijian seperti halnya burung kenari yang juga doyan memakan biji-bijian. Dilihat dari pakannya saja, perawatan burung manyar bisa dipastikan cukup mudah dan tidak rewel yang mungkin boleh dikatakan semudah merawat burung kenari. Habitat burung pemakan biji bernma Manyar atau Bitat (di tempat admin) ini menyukai tempat-tempat terbuka semisal perkebunan kelapa, sawah, rawa, padang rumput, sekitar pemukiman warga sampai hutan.

Artikel Terkait