Mengenal Ciri-Ciri Burung Lovebird Euwing Serta Harga Pasarannya

Tags
Burung Lovebird Euwing atau Lovebird Ewing adalah burung lovebird yang memiliki tampilan warna bulu menyerupai huruf "V" di bagian punggung bila kita amati dari arah belakang. Euwing atau Ewing merupakan akronim dari Eumelanin dan Wing, yang artinya pada bagian kedua sayapnya mengalami peningkatan eumelamin atau warna cendrung lebih gelap dari pada warna bulu di bagian punggungnya.

lovebird euwing

Lovebird Ewing awal mulanya berhasil dicetak oleh penangkar lovebird asal Belanda bernama Piet Verhijde pada tahun 2004 silam. Konon, lovebird ewing yang tampak unik nan cantik ini terlahir dari indukan lovebird berwarna hijau atau ijo standar VS lovebird lutino fischeri. Begitulah kisah atau sejarah singkatnya.

Dengan bergulirnya sang waktu, kini telah hadir Lovebird Euwing dengan berbagai macam mutasi warna. Yang jelas setiap variannya memiliki karakteristik keindahan corak bulu tersendiri begitu juga dengan harganya yang berbeda-berbeda. Varian mutasi lovebird euwing antara lain Lovebird euwing violet, Lovebird euwing biru atau blue, Lovebird ewing olive, Lovebird euwing biola, Lovebird euwing green series, Lovebird euwing blue series, dsb.

Lovebird euwing termasuk salah satu varian lovebird warna yang mempunyai nilai jual mahal. Karena  keberadaannya masih tergolong langka di tanah air, sementara peminatnya sangat banyak. Begitu juga dengan Lovebird biola yang sama-sama masuk kategori jenis lovebird termahal di Indonesia. Karena itulah, prospek usaha penangkaran lovebird euwing dan lovebird biola sangatlah menggiurkan, karena harganya cukup tinggi.

Ciri-Ciri Burung Lovebird Euwing

  • Karakteristik utamanya ialah warna bulu di bagian punggung membentuk pola huruf 'V' karena warna bulu kedua sayapnya lebih gelap dari pada warna bulu di punggung.
  • Memiliki ciri khas paruh berwarna merah.
  • Bulu dada, perut sampai pantat terlihat kuning terang atau cerah.
  • Bulu ekornya tampak kehitaman dengan perpaduan warna kuning.
  • Ciri lainnya, memiliki wajah yang tertupi bulu berwarna hitam gelap.

Jenis-Jenis Burung Lovebird Euwing


lovebird euwing fischeri
Lovebird Euwing Green Fischery

lovebird euwing blue
Lovebird Euwing Blue

lovebird euwing black
Lovebird Black Euwing

lovebird biola euwing
Lovebird Biola Euwing

lovebird euwing parblue
Lovebird Parblue Euwing

Harga Burung Lovebird Euwing


Pasaran harga lovebird ewing standar yang mirip dengan lovebird Olive berada di kisaran 2 jutaan sampai 5 jutaan. Perlu diingat, seperti yang telah BurungBabe sampaikan di atas bahwa varian mutasi lovebird ewing cukup banyak sehingga harganya menyesuaikan dengan kualitas, varian jenisnya juga usianya (anakan, remaja atau dewasa). Berbeda lagi dengan lovebird euwing yang sanggup ngekek dengan durasi panjang, maka harganya akan dibandrol lebih mahal lagi.

Sedangkan untuk harga lovebird euwing dengan mutasi warna terbaru seperti Lovebird Biola Euwing bisa mencapai Rp 20 juta sampai 25 juta perekor.

Informasi tambahan, mungkin bagi sebagian orang yang belum mengenal Lovebird Euwing akan menganggapnya Lovebird Olive. Sebab jika kita amati sepintas memang balutan warna bulu keduanya terlihat mirip namun tak sama persis. Perlu anda tahu kalau ciri-ciri lovebird euwing itu warna kuning kehijauannya cendrung lebih terang menyala. Sementara pada lovebird olive tampak lebih kusam atau gelap.

Artikel Terkait