Mengenal Ciri Burung Kacer Poci Lebih Dekat Plus Gambarnya

Tags
Burung Kacer Poci atau yang juga umum dikenal dengan sebutan Kacer Dada Putih adalah satu jenis burung kacer yang punya bakat berkicau begitu hebat, baik dari segi volume suara yang lantang dan lagu bervariasi ditambah lagi dengan gaya berkicau yang atraktif yang kemudian populer dengan istilah Ngobra. Dengan segala keunggulan dan karakternya itulah tak heran jika banyak kicau mania jatuh hati dan sangat menyukai burung kacer poci yang bernama ilmiah Copsychus saularis ini.

kacer poci

Di Indonesia sedikitnya ada 2 jenis burung kacer yang paling favorit dan paling diminati para kacer mania ialah pertama Kacer Poci dan Kacer Jawa. Dari kedua jenis kacer tersebut tentu memiliki perbedaan yang cukup mencolok terutama dari sisi warna bulu yang menjadi penghias di tubuhnya.

Ciri-Ciri Kacer Poci / Oriental Magpie Robin

  • Warna bulu di kepala, dada dan punggung hitam mengkilap.
  • Bulu di bagian bawah, perut sampai pantat berwarna putih.
  • Terdapat strip / goresan putih di sisi sayap kanan dan kiri.
  • Pada bagian bulu ekor juga ada variasi warna putih.
  • Memiliki paruh yang kecil dan lancip berwarna hitam.
  • andai sekali bersiul dan menirukan suara burung lain.
  • Bentuk ekor agak lebar dan sering mekar saat berkicau terutama pejantan.

Itulah beberapa karakteristik yang cukup mudah dikenali dari burung Kacer Poci / Sekoci. Sedangkan ciri umum pada Kacer Jawa / Hitam adalah warna bulu didominasi warna hitam pekat yang menutupi sekujur tubuhnya dan hanya ada sedikit variasi putih di sisi sayap.

Burung kacer poci ini juga merupakan burung fighter atau petarung sejati yang mudah naik darah. Di alam, jika ada burung kacer jantan mendekat, maka Ia tak segan-segan akan menerkamnya. Tapi kalau dalam rawatan manusia maka kedua kacer jantan yang saling didekatkan itu akan saling menunjukan kebolehan berkicaunya di atas gantangan. Dengan begitu sangatlah tepat bila Kacer termasuk burung lomba.

Perlu anda ketahui pula bahwa antara burung kacer poci dan kacer jawa dinilai mempunyai keunggulan dan daya tarik tersendiri di mata para penggemarnya. Kacer poci diyakini mempunyai kaulitas suara kicauan yang kristal sedangka pada burung kacer hitam atau jawa diklaim memiliki keunggulan lebih baik dalam hal suara nyanyian yang lebih bervariasi dengan gaya ala ngobra. Sebenarnya kacer poci juga identik dengan berkicau gaya ngobra pula.

Sebagai pecinta burung kacer kita semestinya bisa menyikapi dengan bijak mengenai persepsi di atas. Pada dasarnya burung kacer juara atau kacer jawara yang punya kualitas istimewa dalam berkicau pastinya tidak lepas dari pola perawatan terbaik yang dilakukan oleh pemilik. Artinya selain faktor keturunan, faktor pola perawatan juga berperan penting guna memoles kacer agar gacor dengan performa menakjubkan.

Tips Agar Burung Kacer Poci Gacor


Dalam merawat burung kacer agar selalu sehat dan rajin gacor setiap hari bahkan bisa memenangkan kejuaraan dalam ajang lomba, maka pemilik perlu mengenali karakternya supaya perawat dapat menyesuaikan dengan setingan perawatan yang tepat. Pemasteran kacer dengan memperdengarkan suara burung master pilihan yang lagi ngetren juga tak kalah pentingnya biar ia mampu berkicau dengan kualitas istimewa dengan tembakan-tembakan spesial.


Memilih Burung Kacer Poci Jantan


Mungkin bagi sebagian anda ada yang belum memiliki dan ingin merawat burung kacer dada putih atau kacer poci ini sebaiknya anda pilih kacer poci jantan, sebab kacer jantanlah yang dianugerahi  keahlian berkicau lebih mumpuni ketimbang kacer poci betina. Dan gunakanlah  sangkar dengan ukuran yang ideal. Adapun sangkar yang pas minimal berukuran 40x40x60 cm lebih besar lebih baik agar burung leluasa di dalamnya sehingga terhindar dari stres.

Artikel Terkait