11 Jenis Warna Lovebird Termahal dan Tercantik Paling Dicari Kicau Mania

Tags
Popularitas Burung Lovebird atau si Burung Cinta bisa dikatakan kini sedang dalam masa puncak kejayaannya. Lovebird selalu menjadi buah bibir di kalangan kicau mania. Kontes yang digelar pun selalu ramai dan full gantangan. Bahkan tidak hanya Love bird dewasa saja yang dikonteskan, mulai dari usia belia (PAUD) pun juga marak dilombakan. Dengan beriringnya waktu, kini telah muncul tren warna lovebird terbaru seperti Lovebird Biola, Biola euwing, Biola biru, Biola hijau, Euwing, Blorok, Parblue Blorok, dst.

jenis warna lovebird termahal dan tercantik

Burung Lovebird dianugerahi postur yang lucu dengan warna bulu beranikaragam. Tidak semuanya dikatakan bagus hanya Lovebird yang memiliki warna yang mempesona, langka, sulit ditemukan dan juga sukar dicetak. Lovebird dengan kriteria seperti itu pasti dibandrol dengan harga sangat mahal melambung tinggi melebihi harga lovebird dengan warna biasa.

Jenis Lovebird paling mahal yang BurungBabe ulas ini berdasarkan keindahan dan kelangkaan warna bulu semata tidak mencakup kualitas ngekek panjangnya. Andai saja ada lovebird dengan warna langka, antik serta mampu ngekek panjang pasti dihargai sangat fantastis. Mungkin itulah yang dikatakan Lovebird sempurna (Warna sangat eksotis dan ngekek panjang). Simak jenis lovebird termahal berdasarkan kecantikan warna yang menjadi idaman banyak orang saat ini.

Warna Lovebird Termahal dan Tercantik paling dicari


#1. Lovebird Biola

burung lovebird biola

Lovebird Biola adalah lovebird warna termahal yang memiliki kombinasi warna bulu yang sangat cantik dan mengagumkan. Betapa tidak, lihat saja paduan warna bulu yang menghiasi tubuhnya tersebut.
Selain berharga mahal, Lovebird Biola juga cukup langka dan sulit untuk mencetak dan menghasilkan anakan lovebird biola ini.

Harga Lovebird biola di pasaran berkiasar antara 8 juta - 9 juta khusus yang berusia muda. Sedangkan untuk Lovebird biola dewasa apalagi sudah pernah jebol kandang (produksi) pasti dibandrol lebih mahal lagi bisa mencapai 22 juta bahkan 40 juta. Wow.. sangat fantastik bukan!. Harga segitu sudah dapat motor Yamaha NMAX dan Honda PCX terbaru.

Maka dari itu, banyak Lovebird Mania yang berdompet tebal khususnya memburu Lovebird Biola untuk diternak dan dijadikan sebagai mesin ATM di rumah untuk mencetak Lovebird Biola anakan yang berharga sangat tinggi tersebut. Jadi keuntungan finansial akan mengalir deras ke kantong penangkar. Jika saja mereka sukses budidaya Lovebird Biola.

Jenis lovebird biola ada beberapa macam antara lain Lovebird Biola Hijau (green), Biola Biru (blue), Biola Euwing, Biola Split dan Setengah Biola. Nah dari kesemua varian tersebut rupanya Biola split dipatok dengan harga lebih murah yaitu sekitar 5 juta sampai 7 jutaan.

#2. Lovebird Biola Blue

burung lovebird biola blue

Lovebird Biola Blue ternyata harganya lebih mahal dari Lovebird Biola Green atau Biola hijau. Lovebird Biola Biru adalah Lovebird biola varian baru, konon  pertama kali dicetak oleh penangkar lovebird dari Indonesia.

Melihat Lovebird Biola Blue ini kecantikan parasnya betul-betul eksotis dan memukau siapa saja yang memandangnya. Wajar saja jika harganya mencapai 40 jutaan perpasang. Bahkan ada pula yang menjual Lovebird Biola Biru dengan mahar 50 juta nego.

#3. Lovebird Biola Euwing

burung lovebird biola euwing

Lovebird Biola Euwing adalah perpaduan antara Lovebird Biola dan Lovebird Euwing. Ciri khas dari Lovebird Biola Euwing adalah Warna kepala sampai leher oranye khas LB Biola dan pada bagian punggung membentuk pola huruf "V" menjadikannya semakin unik, antik dan mahal.

Harga Lovebird Biola Euwing di pasaran ada dikisaran Rp 13 juta sampai 17 juta.

#4. Lovebird Parblue

burung lovebird parblue

Lovebird Parblue atau akronim dari partial blue atau sebagian biru yang mengacu pada beberapa bagian tubuhnya berwarna biru. Lovebird Parblu memiliki ciri khas Yellow Face yaitu pada wajah dan leher warnanya agak kekuning-kuningan (kuning lembut).

Lovebird Parblue ini pertama kali berhasil ditemukan oleh seseorang bernama Felix del Valle dari Amerika serikat pada tahun 2001 silam. Kini ada beberapa macam Jenis Lovebird Parblu (PB) seperti Lovebird Parblu perso, Parblue Blorok Hijau, Parblue Blorok Biru, Parblue Hijau Standar dan Parblue Sable Head.

Harga Lovebird Parblue juga terbilang sangat mahal yaitu sekitar Rp 10 juta. Bagi peternak yang mau mencetak jenis lovebird parblue yang bernilai ekonomis lebih WOW lagi, maka anda bisa menyilangkan Lovebird Parblue vs Lovebird Biola untuk menghasilkan Lovebird Biola Parblue seharga Rp 30 juta.

Sedangkan untuk Lovebird Parblue varian standar, harga nya di pasaran kurang lebih Rp 3 jutaan saja.

#5. Lovebird Blorok

burung lovebird blorok hijau

Lovebird Blorok mempunyai karakteristik warna bulu yang tak beraturan dan tampak berantakan. Namun jangan salah, justru itulah yang membuatnya menjadi satu diantara jenis lovebird warna paling unik,  antik dan mahal.

Varian warna Lovebird Blorok antara lain Blorok Biru (Blue series), Blorok Hijau (Green series), Blorok Hitam (Batman), Parblue Blorok dan Blorok Merah.

Harga Lovebird Blorok termurah berada di angka Rp 800 ribu khusus jenis lovebird blorok green series dengan gradasi warna bloroknya kurang tegas. Antara Blorok Bs dan Blorok Gs ternyata masih mahal Blorok Blue series (BS).

burung lovebird blorok biru

Untuk mencetak dan menghasilkan warna Lovebird Blorok standar, anda bisa menyilangkan Lovebird lutino MM/MH dengan Lovebird Dakori kemungkinan anakan keluar blorok hijau atau Blorok Green series. Atau bisa juga dengan menyiapkan sepasang blorok hijau atau blorok biru niscaya piyik akan keluar berbulu blorok lebih dominan.

#6. Lovebird Euwing

burung lovebird euwing

Lovebird Euwing adalah salah satu jenis lovebird termahal yang memiliki ciri khas berupa simbol atau pola yang membentuk huruf "V" di bagian punggung. Tahukah kalian?. Euwing itu merupakan akronim dari Eumilanin dan Wing lantaran pada warna bulu sayapnya mengalami peningkatan milanin, sehingga pada punggung membentuk simbol menyerupai "V" karena warna bulu di punggung lebih terang. Jadi terlihat cukup kontras dengan warna sayap.

Harga Lovebird Euwing cukup mahal  berada dikisaran Rp 2 juta sampai Rp 5.5 juta. Dan sepertinya akan terus mengalami kenaikan harga. Karna jenis lovebird euwing merupakan produk baru yang kini juga digandrungi para Lovebird Mania Indonesia.

#7. Lovebird Batman

burung lovebird batman

Lovebird Batman juga termasuk jenis lovebird yang punya tampilan fisik yang unik dan nyentrik. Tak heran jika Love Bird berparas hitam dengan sedikit variasi putih ini dibanderol dengan harga cukup mahal yakni sekitar Rp 900 ribu sampai Rp 1.300 ribu.

Namun harganya mengalami penurunan. Di pasar burung kicau ada penjual yang membanderol Lovebird Batman mulai Rp 300 ribu - Rp 700 ribu. Alasannya mungkin karena populasinya mudah didapat atau banyak kicau mania yang lebih memburu jenis warna lovebird terbaru seperti Lovebird Biola, Lovebird Euwing dan lain sebagainya.

#8. Lovebird Violet

burung lovebird violet

Lovebird Violet atau juga sering disingkat Lovebird Vio adalah satu diantara jenis lovebird yang karakteristik bulu sayap dan punggunggung berwarna biru keunguan. Itulah sebabnya dipanggil dengan nama Violet yang mana dalam bahasa kita artinya ungu.

Jenis Lovebird Violet itu juga ada beberapa macam sebut saja Lovebird Violet perso atau personata (kepala hitam/topeng) dan Violet fichery (kepala hitam pudar)

Harga Lovebird Violet memang cukup mahal. Anda bisa meminangnya dengan mahar mulai dari Rp 1 juta sampai Rp 1.5 juta. Dalam penangkaran agar bisa menghasilkan anakan lovebird violet dapat memasangkan indukan yang sama-sama violet. Atau LB Violet Jantan vs LB Biru Mangsi Betina.

#9. Lovebird Albino

burung lovebird albino

Lovebird Albino adalah burung cinta yang mempunyai warna bulu putih polos mulai dari ujung kepal sampai ujung ekor. Ada Lovebird Albino Mata Merah (MM) dan ada pula Lovebird Albino Mata Hitam (MM). Nah dari kedua varian tersebut Lovebir Albino MM lah yang lebih favorit, populer dan dihargai lebih mahal dibandingkan Lovebird Albino MM.

Harga Lovebir Albino Mata Merah Rp 500 ribu s/d Rp 700 ribu. Dan...

Harga Lovebird Albino Mata Hitam mulai Rp 500 ribu s/d Rp 1 juta.

Nah Lovebird Albino ini lumayan langka di tanah air terutama yang bermata merah. Meski demikian tidak dibanderol begitu mahal seperti halnya jenis Lovebird Biola yang masuk kategori Lovebird termahal di Indonesia.

#10. Lovebird Kepala Elang

burung lovebird kepala elang

Lovebird Kepala Elang atau juga biasa dikenal dengan sebutan Sable Head, karena warna kepalanya tampak cerah, bersih dan polos. Sekilas, penampilan lovebird kepala elang ini memiliki kemiripan dengan Elang laut yang juga berkepala putih seperti pak Haji.

Harga Lovebird Kepala Elang sekitar Rp 1.5 juta sampai Rp 5 juta. Lumayan mahal kan!. Nah kalian yang tertarik ingin beternak dan mencetak Lovebird Sable Head ini anda bis mengawinkan Lovebird Kepala Elang dengan Lovdbird Violet fichery atau Lovebird Biru Mangsi Ficheri. Lebih gampang lagi jika kedua indukan sama Lb Kepala Elang. Maka 70 persen anakan akan keluar kepala elang.

#11. Lovebird Olive

burung lovebird olive

Lovebird Olive merupakan salah satu jenis lovebird yang berwarna hijau. Hanya saja warna hijau pada Lovebird Olive di bagian sayap, punggung dan ekor cendrung lebih gelap dan pekat atau istilahnya Double Dark Green.

Nah burung lovebird yang memiliki balutan bulu warna hijau sangat tua pada tubuh bagian atas sementara pada leher, dada, perut sampai pantat warnanya kuning agak terang, maka bisa dipastikan bahwa si LB tersebut adalah Lovebird Olive.

Harga Lovebird Olive di pasaran berkisar antara Rp 300 ribu - Rp 600 ribu. Lovebird Olive ada sedikit kemiripan dengan Lovebird Euwing terlebih pada warna tubuh bagian bawah. Tetapi pada Lovebird Euwing warna kuningnya cendrung lebih terang. Dan warna bulu bagian atas tubuh juga cendrung lebih terang Lovebird Euwing.

Itulah beberapa jenis lovebird paling mahal yang telah BurungBabe sampaikan kepada kalian semua. Dan BurungBabe informasikan juga bahwa untuk jenis earna lovebird paling murah ada Josan atau Lovebird Ijo standar yang mana harganya hanya sekitar Rp 150 ribu saja.

Selain itu ada pula varian lovebird lain yang juga punya harga standar artinya tidak mahal-mahal amat, namun tak sedikit para kicau mania yang merawatnya untuk hiasan rumah, andalan kontes maupun sebagai indukan untuk keperluan kawin silang. Jenis lovebird tersebut adalah Lovebird Biru Cobalt, Lovebird Pastel (Pasvio, Pasbir, Pasjo, Pasput, Pastel Olive), LB Mocca, LB Mauve / Mouve dan Lovebird Dark Green.

Demikianlah ulasan beberapa Jenis Warna Lovebird Termahal dan Tercantik paling dicari kicau mania. Nah setelah mengamati berbagai macam jenis lovebird paling mahal di atas tentu setiap orang memiliki ketertarikan dan minat berbeda-beda. Ada yang lebih suka Lovebird Biola atau lebih menyukai Lovebird Blorok dan sebagainya. Kalau anda sendiri pilih yang mana?.

Artikel Terkait

This Is The Newest Post