Mengenal Ciri-Ciri Burung Jalak Suren Beserta Gambar dan Lainnya

Burung Jalak Suren yang dalam bahasa ilmiahnya disebut Gracupica contra merupakan burung kicau yang memiliki kemampuan berkicau luar biasa diantara jenis burung jalak lainnya. Secara umum ada beberapa sub spesies jalak suren yang dikenal para penggemarnya, adalah Jalak suren jawa (gracupica contra jalla), Jalak suren kalimantan (gracupica contra floweri), Jalak suren borneo dan Jalak suren malaysia.

burung jalak suren

Namun jalak suren jawa lebih diunggulkan dari pada jenis jalak suren lainnya. Hal ini dikarenakan jalak suren jawa diyakini punya kualitas lebih oke ketika berkicau, terutama pada variasi lagu nyanyiannya. Tapi bukan berarti jenis jalak lain punya kualitas buruk dalam berkicau. Yang jelas ciri khas dan kapasitas setiap varian jenis jalak suren itu punya kelebihan tersendiri.

Jalak Suren termasuk burung cerewet. Karena kebiasaannya selalu ingin berkicau. Selain itu, pengicau yang dalam bahasa internasional dinamakan Asian pied starling / myna tersebut juga dikenal sebagai burung yang dapat mengenali pemiliknya dengan baik. Jika ada orang asing di sekitar rumah maka ia akan bersiul keras. Jadi jalak suren bisa dikatakan burung ideal untuk dijadikan hewan peliharaan sebagai penjaga rumah.

Adapun penyebaran burung jalak suren di Indonesia sendiri banyak di temukan di pulau Jawa, Kalimantan dan Bali. Di habitat aslinya, Jalak Suren sering menghabiskan waktunya di wilayah dekat perairan terbuka. Dan makanan kesusakaan jalak suren adalah buah-buahan manis seperti pisang, pepaya, dsb. Selain itu, burung berjambul ini juga doyan makan jangkrik, belalang, cacing tanah, ulat, kupu-kupu dan serangga kecil lainnya.

Ciri-Ciri Burung Jalak Suren

  • Warna bulu didominasi hitam dan putih.
  • Postur tubuh sedang yaitu sekitar 20-24 cm.
  • Memiliki lingkar / kelopak mata warna jingga.
  • Warna bulu di dahi, pipi, perut, garis sayap dan tunggir hitam.
  • Namun ketika masih anakan / muda warna hitamnya agak colat.
  • Saat sudah dewasa maka warna coklat tadi berubah jadi hitam.
  • Di atas kepala terdapat jambul klimis full hitam yang bisa ngembang (js jawa)
  • Paruhnya cukup panjang, tajam dan berwarna full putih gading (js jawa).
  • Kaki jingkring / panjang yang berbalut warna kuning.
  • Cara terbang relatif lambat malahan diyakini gaya terbangnya mirip kupu-kupu.

Demikianlah beberapa ciri umum yang dimiliki oleh burung jalak suren jawa atau lokal. Penting pula untuk anda ketahui bahwa di pasaran umumnya terdapat 2 sub spesies yang cukup terkenal di kalangan para penggemar burung jalak adalah jalak suren jawa dan jalak suren sumatera.

Nah bagi anda yang mungkin masih kebingungan membedakan burung jalak suren sumatra dan jawa sebaiknya anda mesti tahu ciri-ciri nya agar tidak salah memilih atau terkecoh saat hendak membelinya ke penjual atau pedagang.

Adapun ciri-ciri jalak suren sumatera ialah warna jambulnya terdapat variasi putih dan pangkal paruh berwarna oranye. Sedangkan ciri jalak suren lokal / jawa adalah jambul berwarna hitam (full) dan paruhnya berwarna putih gading (full). Itulah ciri khsusus yang mudah dikenali baik pada jalak sumatera maupun pada jalak suren jawa lokal. Silahkan coba anda bandingkan anatar gambar jalak suren sumatera di bawah ini dengan gambar jalak suren jawa di atas. (GAMBAR..)


Semoga menjadi informasi tambahan. Salam BurungBabe.com

Artikel Terkait