Mengenal Ciri-Ciri Burung Jalak Putih Lengkap dengan Gambarnya

Burung Jalak putih merupakan salah satu pengicau cantik yang masih berkerabat dekat dengan burung jalak bali, jalak nias, jalak kebo dan beo. Setiap jenis burung jalak menawarkan kelebihan dan karakteristik nya masing-masing. Sehingga menjadi keuntungan tersendiri bagi para penggemarnya, karena bebas memilih jenisnya sesuai selera hati. Jalak putih punya nama lain yaitu Black winged starling / myna dalam bahasa internasional, juga punya julukan lain seperti jalak dada putih dan beo sayap hitam.

burung jalak putih

Salah satu keunggulan paling kentara dari burung jalak putih atau dalam bahasa ilmiahnya  Acridotheres melanopterus adalah keindahan bulu-bulunya tampak begitu mengagumkan. Selain kecantikan yang terpancar dari bulu-bulu eksotisnya tersebut, burung jalak putih juga dianugerahi bakat berkicau yang baik. Karakteristik coletehan suara jalak putih umumnya terdengar keras nan ribut. Jalak putih ternyata juga sanggup menirukan suara burung lainnya.

Jalak Putih yang terlihat cantik ini juga termasuk burung yang dilindungi. Oleh karena itu, bagi anda yang ingin menangkarnya atau sekedar merawatanya anda harus sudah mengantongi izin dari Balai konservasi dan sumber daya alam (BKSDA) Provinsi. Dan sebaiknya bila anda ingin membeli burung jalak putih, belilah pada peternak yang sudah bersertifikat atau yang sudah memiliki izin penangkaran dari BKSDA.

Setiap pembelian anakan jalak putih dari penangkar yang sudah mendapat izin resmi, biasanya akan dilengkapi dengan sertifikat resmi pula, sehingga anda akan aman dan selamat dari jerat hukum jika sewaktu-waktu ada razia. Omong-omong, burung jalak putih ini juga dibanderol dengan harga relatif mahal lho, sama dengan burung Jalak Bali yang juga dihargai relatif tinggi di Indonesia. Nah untuk mengenal burung jalak putih lebih detail, yuk simak ciri-cirInya berikut.

Ciri-Ciri Burung Jalak Putih

  • Bulu - bulunya didominasi warna putih.
  • Ujung sayap dan ekor berwarna hitam.
  • Postur agak besar, sekitar 23-25 cm.
  • Paruh tajam dan area lingkar mata berwarna kuning.
  • Kaki panjang tampak proporsional dengan badan.

Dalam perawatan harian burung Jalak Putih jangan lupa untuk menghidangkan makanan berupa pisang, jangkirik, belalang, ulat, kroto yang musti diberikan secara selang seling dan sediakan pula voer di dalam sangkar agar kesehatannya tetap prima sehingga mood untuk rajin gacor setiap hari akan selalu berkobar.

Bagi kalian yang mungkin ingin mencoba budidaya burung yang memiliki nilai jual cukup tinggi, maka beternak Jalak Putih niscaya akan menjadi peluang usaha yang patuh dicoba. Selain dihargai relatif mahal rupanya penggemar burung jalak putih tak kalah ramai lantaran pengicau berperawakan tegap dan dan berparas putih-hitam ini punya daya pikat tersendiri di mata para penggemarnya baik ditinjau dari keindahan warna bulu maupun pada suara kicauan merdunya.

Keberadaan burung jalak putih di habitat aslinya terus mengalami penurunan yang kian mengkhawatirkan. Maka dari itulah, pemerintah mulai memberlakukan peraturan untuk melindungi pengicau berparas hitam nan putih ini. Karena alsan itulah membuat harga burung jalak putih menjadi mahal. Persebaran jalak putih itu meliputi Jawa, Kalimantan, Sumatera, Sulawesi dan Bali. Namun jumlahnya di alam terus menyusut. Jadi melakukan penangkaran merupakan upaya yang positif untuk melestarikan burung jalak putih yang cantik menawan ini.

Artikel Terkait