Mengenal Ciri-Ciri Burung Cucak Jenggot Lebih Dekat Plus Gambarnya

Burung Cucak Jenggot atau yang dalam bahasa latinnya dikenal dengan nama Alophoixus bres merupakan salah satu jenis burung masteran paling favorit para kicau mania. Cucak jenggot atau Empuloh janggut memiliki ciri fisik yang unik yakni berjenggot warna putih. Burung masteran yang juga sering disingkat CJ ini mempunyai kicauan sangat berkarakter dengan ciri khas suara beset kasar dengan ritme cukup rapat.

burung cucak jenggot

Itulah sebabnya, mengapa banyak pemain lomba burung kicau sangat menyukai suara burung cucak jenggot ini selain suara burung kapas tembak. Tren masteran cucak jenggot hingga kini masih sangat diminati. Karakteristik suara cucak jenggot yang nyrecet tajam atau mbeset tajam nan melelengking  tersebut menjadi alasan utama untuk dijadikan sebagai bahan masteran burung kontes, seperti burung cendet, kacer, murai batu dan cucak ijo.

Burung kontes yang mampu membawakan suara besetan cucak jenggot yang terkenal rapat itu pastinya akan terlihat lebih elegan lagi. Sebab pengicau tersebut akan memiliki tembakan-tembakan khas berspeed rapat yang akan menjadi amunisi di ajang perlombaan. Sampai detik ini burung kicau yang memounyai tembakan atau tonjolan suara berspeed rapat tetap menjadi idola.

Burung cucak dengan ciri khas jenggot putih ini sebenarnya masuk kategori burung non fighter dengan kata lain tidak termasuk burung petarung murni. Jadi kualitas kegacoran yang dibawakan oleh Cucak Jenggot sangat bergantung pada tingkat birahi yang ada dalam dirinya. Jadi bila anda mengingnkan Cucak jenggot kesayangan anda rajin berkicau, pemilik perlu memberikan perawatan yang baik dan tepat. Simak ciri-ciri burung cucak jenggot berikut.

Ciri-Ciri Cucak Jenggot / Grey Cheeked Bulbul

  • Bulu-bulu di sisi atas berwarna coklat zaitun.
  • Warna bulu bagian bawah terlihat kuning.
  • Memiliki postur tubuh sekitar 22 cm.
  • Bulu halus di pipinya warna abu-abu.
  • Kaki dan jemari berwarna coklat abu-abu.
  • Paruh agak panjang dan berwarna hitam.
  • Terdapat janggut / jenggot putih di tenggorokan.
  • Memiliki jambul dan jenggot yang bisa mengembang.
  • Makanannya adalah buah-buahan dan serangga.

Itulah pembahasan mengenai burung cucak jenggot atau dalam bahasa bule bernama Grey cheeked bulbul ini rupanya masih punya pamor cukup stabil di kalangan komonitas penggemar burung di Indonesia. Oleh karena itu, tidak mengherankan juga bila saat ini banyak hobis yang merawat burung cucak jenggot di rumah untuk dimanfaatkan sebagai salah satu burung master favorit yang handal.

Artikel Terkait