7 Cara Perawatan Supaya Kacer Juara di Kontes Burung Kicau

Tags
Burung Kacer Juara | Semua para pemain pasti pengen kan..  Burung Kacer andalannya bisa juara di ajang kontes burung berkicau yang diikutinya. Pasalnya burung kesayangan kita yang dirawat dengan kasih sayang dan kesabaran lantas sukses menjadi juara di sebuah kompeteisi bergengsi tentu hal ini menjadi kebanggaan tersendiri bagi pemilik. Seakan usaha kerja keras kita melatih dan merawatnya membuahkan hasil menggembirakan yang tak bisa diukur dengan apapun kecuali kebanggaan.

kacer juara

Banyak kacer mania berlomba-lomba mengorbitkan dan mencetak burung kacer peliharaan agar menjadi Kacer Jawara yang selalu memenangkan kejuaraan. Namun upaya untuk mewujudkan nya tidaklah mudah. Banyak hal yang harus dilakukan dari awal seperti  pemilihan burung bakalan berkualitas dan perawatan yang seharusnya dikerjakan dengan benar dan efektif agar apa yang diharapkan pada si burung segera tercapai.

Selain itu anda baiknya juga memiliki insting yang kuat, artinya hanya dengan melihat gerak-gerik dan postur seekor kacer trotolan / muda / remaja, maka anda sudah bisa memprediksi apakah Kacer tersebut punya prospek bagus atau tidak. Tidak semua orang bisa melakukannya, jadi hanya orang tertentu saja yang biasanya boleh dikatakan jiwa nya sudah menyatu dengan burung.

Tips mudah untuk mendapatkan Burung Kacer kualitas unggul adalah dengan membeli anakan kacer dari indukan juara. Yah walaupun umumnya selalu dibanderol dengan harga relatif tinggi. Selain itu, anda juga dapat mencarinya di arena latber yang sekiranya berprospek dan bisa dipoles lagi untuk
mengembangkan segala potensi atau bakat berkicau yang ada pada diri kacer tersebut. Siapa tahu anda beruntung dan pemilik rela menjualnya pada anda.

Cara Melatih dan Merawat Kacer Supaya Bisa Menjadi Kacer Juara


#1. Pemilihan Kacer Berkualitas

Seperti yang telah saya singgung di atas bahwa memilih burung bahan yang unggul merupakan langkah awal yang tidak boleh dilakukan secara asal. Jika anda sudah tahu ciri-ciri burung kacer berkualitas atau anda punya pemahaman dalam melihat prospek tidak nya seekor burung kicau, maka kelebihan ini akan menjadi keuntungan tersendiri bagi anda.

Biasanya jika seseorang sudah sangat berpengalaman dan punya jam terbang yang tinggi di bidang burung kacer misalnya, maka dengan hanya melihat sebentar saja seperti pada tingkah laku, suara ngeriwik dan bagian postur tertentu sudah bisa memprediksikan masa depannya, suram atau cerah, apakah akan bersuara keras dan mengkristal atau tidak. Selebihnya proses perawatan lah yang akan sangat mempengaruhi kualitasnya kelak.

#2. Pemasteran yang Tepat

Memaster burung kacer dengan pemilihan suara masteran yang tepat merupakan tahapan penting yang tidak boleh disepelekan. Bayangkan saja jika ada pemula memilih masteran burung kacer secara asal-asalan, tidak memperdulikan kualitas pada masteran tersebut. Misalnya suara nya tidak jelas, kemeresek dan lain-lain.

Tentu hal ini tidak baik yang musti dihindari. Maka dari itu pilihlah suara masteran kacer yang betul-betul bagus kaulitasnya. Entah dari segi cengkok, volume suara dan tingkat kegacorannya. Boleh juga memasternya dengan suara burung lain asalkan memilihkan yang masih menjadi tren, contohnya suara cililin, suara cucak jenggot, suara lovebird, suara tengkek buto, dll. Jadi sebagai kacer mania yang update usakan selalu mengikuti tren masteran yang up to date.

#3. Perawatan Kacer Harian

Perawatan ini bertujuan agar kesehatan serta stamina burung Kacer selalu terjaga. Menginggat salah satu ciri kacer juara adalah sehat dan prima. Pada saat kondisi sedang fit maka mood untuk rajin gacor akan senantiasa mengalir dalam dirinya. Berbedaka ketika burung sakit, jangankan mau bunyi mau makan saja sudah tidak nafsu.

Jadi rawat dan sayangilah burung kacer piaraan anda dengan sebaik-baik perawatan seperti memandikannya sesuai jadwal dan menjemurnya rutin di waktu pagi setiap hari sekitar 2 jam-an. Dan jangan lupa usahakan untuk selalu mengkrodong kacer di malam hari biar tidak kedinginan dan tidak digigit nyamuk sehinga ia bisa beristirihat dengan lebih tenang.

#4. Kacer Jinak

Bagi burung kacer yang kondisinya masih takut sama orang alias giras, maka si burung itu biasanya tidak akan rajin rajin berkicau di teras rumah apalagi di gantangan lomba. Karena selalu dibayang-bayangi oleh perasaan takut dan khawatir dengan lingkungan sekitar.

Oleh karena itu, upayakan si Kacer merasa tenang dan bersahabat dengan manusia (jinak lalat). Dengan begitu ia akan mampu mengeluarkan suara tembakan-tembakan andalannya dengan percaya diri tingkat tinggi tampa harus takut dan berhenti jika adan juri yang berlalu lalang menilainya di bawah sangkar.

#5. Kacer Bermental Baja

Selain harus jinak (sebaiknya tidak terlu jinak / manja), agar Kacer bisa juara juga wajib memiliki mental baja artinya sanggup mengeluarkan kemampuan berkicau terbaiknya. Tidak peduli apakah sedang sendirian atau sedang berada di tengah-tengah burung kacer lainnya (sedang lomba).

Seandai burung kacer anda rajin gacor dan selalu koar-koar di rumah namun begitu diikutkan lomba malah membisu seribu bahasa atau bahkan performanya tidak stabil. Nah, mungkin itulah yang dinamakan Kacer jago kandang. Itulah sebabnya pelatihan mental sejak kecil dengan sering melatih dan membawanya ke arena latber dan lomba agar mental tempurnya semakin kuat.

# 6. Setelan Pakan Khusus

Sajikan voer berkualitas khusus Kacer saat ini banyak dijual di pasaran. Selain itu penting juga melakukan setingan ekstra fooding atau makanan tambahan semisal di pagi dan sore beri 3 ekor jangkrik.

Pemberian kroto juga diatur semisal 3 kali dalam seminggu. Dan saat hendak lomba atau pas hari H pemberian jangkrik ditambah porsinya menjadi 5 ekor, tidak lupa kroto atau bisa juga diganti ulat hongkong saat mau lomba saja. Penting untuk anda ingat bahwa untuk dapat menemukan setingan yang tepat bagi setiap burung gacoan, maka pemilik perlu mengenali karakter nya.

#7. Pastikan Kacer Siap Lomba

Bila anda ingin menurunkan burung kacer kesayangan ke ajang kontes sebetul nya anda sudah bisa menilai sendiri apakah si burung gacoan dalam kondisi baik atau tidak, suara kicauannya istimewa atau tidak, rajin gacor atau tidak, dsb. Jika jawabannya ‘iya’ maka suara kicauannya juga mesti diimbangi dengan tembakan-tembakan dahsyat yang telah dikuasainya.

Pastikan juga ia memiliki karakter bak seekor kacer jawara seperti berkicau ala Ngobra dan Nagen / anteng / mancep atau tidak sering turun ke dasar sangkar. Ada kekurangan kacer adalah karakter yang kerap Mbagong saat lomba berlangsung. Nah bila anda dapat meminimalisir kebiasaan buruk ini niscaya ia akan menampilkan performa terbaiknya di atas gantangan. Hingga akhirnya ada peluang besar menjadi Kacer Juara / Kacer terbaik dari yang terbaik.

Mbagong atau nguda laut atau mbalon adalah suatu kondisi dimana Kacer mengembang bulu-bulunya dan biasanya berhenti / tidak berkicau. Nah Kacer mbagong ini menjadi mimipi buruk bagi para pemain karena mengurangi nilai.

Dari uraian di atas ada kalanya seekor Burung Kacer atau Magpie Robin ini tidak nampak akan keunggulan dan kehebatannya sebelum dibawa langsung ke latber atau kontes. Oleh karena itu, bawalah burung kacer anda ke latber maupun lomba. Penting untuk diingat bagi kalian para Kacer Mania meskipun burung jagoan anda belum bisa juara tetaplah bersemangat, karena bermain burung merupakan hobi yang mustinya dibawa senang dan pantang frustasi. Kecuali ada juri yang curang. Nah itu baru!.

Artikel Terkait