7 Cara Merawat Burung Kacer Agar Cepat Gacor / Rajin Berkicau

Tags
Cara Merawat Burung Kacer agar Cepat Gacor | Berperawakan hitam nan gagah serta pandai berkicau dengan ciri khas gaya kobra merupakan sebuah ungkapan yang sangat tepat bagi burung kicau bernama Kacer. Bagi anda para kacer mania tentu menginginkan burung kacer kesayangan rajin gacor baik di rumah maupun di ajang kontes bukan!. Kacer gacor dengan kualitas suara kicuan terbaik selalu menjadi idaman para pemilik di seluruh Indonesia.

cara merawat kacer agar gacor

Nah kali ini BurungBabe akan sharing tentang tips cara merawat kacer supaya cepat gacor dengan benar dan efektif. Merawat dan melatih burung kacer memang dibutuhkan pengetahuan dan pengalaman yang cukup guna dapat memberikan perawatan tepat bagi burung kacer itu sendiri. Namun bagi sobat yang tergolong pemula jangan khawatir anda bisa mengikuti beberapa tips yang akan dijabarkan berikut ini.

Cara Perawatan Agar Kacer Gacor


#1. Kacer Jantan Adalah Pengicau Sejati

Hal paling pertama bahkan sebelum anda memulai merawat burung kacer itu sendiri pastikan bahwa burung kacer yang anda pelihara berjenis kelamin jantan bukan betina. Sebab hanya kacer jantanlah yang sanggup berkicau dengan kualitas sangat istimewa dan memiliki ciri khas bernyanyi sembari mendongakan kepala dan memekarkan ekor dengan begitu indahnya.

#2. Berikan Masteran yang Tepat

Memaster burung kacer idealnya dilakukan ketika usianya masih muda yakni sekitar 1 bulanan atau usai disapih dari induknya. Sebaiknya berikan materi suara masteran kacer gacor yang memiliki irama serta nada yang baik agar ia memiliki materi kicauan yang berkualitas kelak saat ia beranjak dewasa. Pemasteran juga sangat dianjurkan bagi kacer yang usianya sudah tidak muda lagi, karena dapat merangsangnya agar rajin gacor dan menambah suara isian.

#3. Kacer Sehat dan Prima

Salah satu syarat yang wajib dimiliki seekor burung kacer agar rajin berkicau atau gacor dengan kualitas terbaik tentunya ia harus sehat dan prima. Oleh karena itu, hidangkanlah makanan bermutu dengan memberikan pakan berupa voer yang tepat dan jangan lupa berikan pula pakan tambahan / ef seperti jangkrik 5 ekor pagi dan sore, ulat hongkong dan kroto bisa diberikan 1 minggu dua kali yang diberikan selang-seling..

Porsi pemberian pakan ef tersebut fleksibel artinya tidak harus berjumlah 5 ekor, jadi perlu disesuaikan dengan settingan yang tepat. Jika perlu pada minumannya tambahkan pula multivitamin agar kebutuhan vitamin dan mineral tercukupi dengan baik.

#4. Pemandian dan Penjemuran Kacer

Dalam perawatan burung kacer.. pemandian dan penjemuran merupakan hal penting guna membuat kondisi burung tetap fit dan terjaga kesehatannya. Jadi aturlah jadwal pemandiannya semisal 3 kali seminggu. Khsusus penjemuran sebaiknya dilakukan setiap hari sekitar jam 07.-09 pagi. Penjemuran ternyata juga dapat merangsang kacer agar berada pada tingkat birahi ideal sehingga membantu memacunya untuk selalu gacor.

#5. Pelatihan Mental Kacer

Burung kacer yang bermental bagus sangat berpotensi menjadi kacer jawara atau juara, karena hanya kacer yang memiliki mental pemberani yang dapat berkicau dengan sangat hebat serta begitu percaya diri baik di rumah apalagi di arena kontes yang dipenuhi burung-burung sejenis. Sebaiknya latihlah kacer anda dengan sering membawanya ke tempat berbeda khususnya di arena kontes, namun hanya sekedar membawa jalan-jalan untuk melatih mentalnya.

Dan upayakan burung Kacer jagoan anda dalam kondisi jinak alias tidak giras. Karena hanya Kacer yang jinak atau jinak lalat yang mampu berkicau dengan penuh rasa percaya diri baik di rumah ataupun di ajang kompetisi. Bayangkan saja, jika si kacer girasnya sangat brutal, maka begitu burung dilombakan kemudian ada juri di bawahnya kemungkinan terparahnya adalah ia akan kelabakan atau nabrak-nabrak sangkar nggak karuan. Jadi tidak akan fokus berkicau melantunkan lagu-lagu indahnya.

#6. Dekatkan dengan Kacer Gacor Lainnya

Setelah dilakukan perawatan intensif seperti di atas sesekali anda bisa menggantang kacer peliharaan dengan kacer gacor lainnya. Perlu diingat jangan sampai posisinya terlalu dekat sebab ini bukan ajang kontes melainkan hanya bertujuan untuk melatih atau merangsanya agar gacor seperti burung gacor yang digantang di dekatnya tersebut.

#7. Kerodong di Malam Hari

Mengkrodong kacer di malan hari adalah sebuah upaya yang baik guna memberi kehangatan pada tubuh burung dan agar terhindar dari gigitan nyamuk serta dinginnya suhu di malam hari. Sehingga si burung berparas hitam nan sangar ini bisa melewati malam dengan tenang serta istirahat yang cukup. Dengan demikian si Kacer akan menyambut pagi hari dengan penuh semangat dan siap untuk berkicau.

Demikianlah beberapa tips cara merawat kacer supaya gacor dengan relatif cepat. Penting pula anda  dipahami bahwa biasanya Burung Kacer atau Magpie Robin ini akan mulai rajin berbunyi ketika usianya minimal sekitar 8 bulanan. Jadi kalau usianya masih terlalu muda baiknya anda bersabar dan terus merawatnya dengan penuh kasih sayang.

Artikel Terkait