9 Cara Menjinakan Burung Kacer yang Giras dengan Cepat dan Tepat

Tags
Cara Menjinakan Kacer yang Giras | Pasalnya Burung Kacer yang terlalu giras, maka pengicau berperawakan hitam nan gagah ini biasanya tidak akan berkicau secara maksimal. Apakah itu saat di rumah apalagi di arena kontes. Sebab burung yang suka kerabakan selalu dibayang-bayangi oleh perasaat takut pada lingkungan sekitar, pada sang pemilik maupun pada juri yang biasa mengawasinya di bawah gantangan.

cara menjinakan kacer

Burung Kacer memang dikenal sebagai pengicau cerdas dalam membawakan siulan-siulan merdu nan indah, rupanya ia juga terkenal sebagai burung penyanyi yang agak sulit dijinakan. Maka dari itu, jika anda ingin membeli kacer sebaiknya memilih dari hasil penangkaran, Baiknya tidak membeli kacer muda hutan / torotolan hutan, karena biasanya sangat giras. Kacer yang over giras itu sangat tidak menguntungkan. Makanya, dibutuhkan perawatan tepat untuk dapat membuat kacer cepat jinak.

Cara Menjinakan Kacer yang Benar


Hal paling penting dalam menjinakan burung kacer adalah bagaimana membuat burung tersebut merasa lebih tenang, tidak takut dan familiar dengan orang. Oleh karenya diperlukan pendekatan dan beberapa upaya. Berikut tips-tips jitu cara membuat kacer cepat jinak agar ia tidak ketakutan lagi saat didekati sehingga mampu gacor dengan kualitas jempolan tanpa merasa tertekan.

#1. Memandikan burung sesering mungkin. Kacer yang giras harus rajin dimandikan setiap hari pagi dan sore. Cara memandikannya sebaiknya langsung disemprot halus menggunakan sprayer, jangan dulu pakai keramba.

#2. Setelah dimandikan angin-anginkan sebentar kemudian jemur di bawah panas matahari pagi sekitar 1 jam-an. Tempat penjemuran sebaiknya di dekat lalu lalang keluarga.

#3. Usai penjemuran berilah pakan berupa jangkrik dengan cara suguhkan pakai tangan langsung, jika ia tidak mau memakannya cobalah dengan bantuan lidi. (sebaiknya jangkrik / belalang matikan dulu (Baca bismillah) sebelum ditusuk lalu dihidangkan ke burung).

#4. Setelah dijemur dan diberi jangkrik beberapa ekor dan jangan lupa voer dan minumnya juga masukan ke dalam sangkar.

#5. Lalu kerodong dan taruh di ruangan yang tenang dan sejuk. Kemudian anda bisa setel suara terapi burung yaitu suara gemericik air, suara alam, suara kicauan burung di alam liar yang menenangkan.

#6. Saat sore hari alangkah lebih baiknya jika burung dimandikan kembali, lalu angin-anginkan kemudian beri jangkrik secara langsung menggunakan tangan.

#7. Burung Kacer yang sedang dalam menjalani treatment atau terapi penjinakan ini sangat disarankan untuk selalu dikerodong saat malam hari.

#8. Di malam hari upayakan kacer yang sedang proses penjinakan di tempatkan di ruang tamu atau tempat santai keluarga. Baiknya jangan dikerodong jika belum mau tidur. Bila pemilik sudah mau istirahat lantas sangkar bisa dikerodong.

#9. Di pagi hari buka kerodong dengan lembut sembari anda bersiul sesuai selera dan kebiasaan guna membuat kacer lebih tenang dan tidak agresif serta lebih dekat dengan pemilik. Lalu anda ulangi tips-tips di atas sampai si kacer mulai jinak dan tidak giras lagi. Bila sudah demikian maka si Kacer tersebut niscaya tidak akan berkicau di kala lagi sepi saja bahkan di tengah-tengah keramian bukan lagi jadi masalah.

*Tips Penting*

Kalau burung kacer masih giras sekali mandikan dengan cara semprot dulu. Dan dimandikan sesering mungkin bisa setiap hari pagi dan sore. Lantas bila sudah berkurang girasnya anda boleh memandikan nya pakai keramba. Kacer jinak yang ideal adalah jinak lalat atau sedang-sedang saja (semi) artinya tidak terlalu manja dan tidak terlalu giras pula. Nah jika kacer sudah lebih jinak tentu perawatan gacor relatif akan jadi lebih mudah.

Keunggulan Kacer yang Jinak

  • Cara merawat nya jadi lebih gampang.
  • Sanggup berkiacu dengan kemampuan terbaik.
  • Mampu menunjukan kehebatan berkicau penuh percaya diri.
  • Relatif mudah untuk dijodohkan dan diternak atau ditangkar.

Ciri-Ciri Kacer Giras / Tidak Jinak

  • Sering nabrak-nabrak sangkar dengan kerasnya.
  • Suara kicaunya kecil atau lirih jadi tidak optimal.
  • Mau berbunyi ketika sedang tidak ada orang saja. Namun saat didekatin langsung berhenti. Itu pertanda kacer masih giras atau bisa juga karna masalah mental.


Itulah beberapa tips bagaimana cara menjinakan kacer yang giras beserta kelebihan dan kekurangannya. Semoga burung kacer atau Magpie robin kesayangan anda yang masih belum jinak saat ini mudaha-mudahan selekasnya bisa jinak / jinak lalat kemudian mampu berkicau gacor dengan kualitas memukau dengan performa membanggakan.

Artikel Terkait