10 Perbedaan Burung Cendet / Pentet Jantan dan Betina Paling Akurat

Tags
Perbedaan Cendet Jantan dan Betina | Burung cendet jantan bisa dipastikan kualitas suara kicauannya melampaui cendet betina. Itu sebabnya jika anda ingin memelihara burung pengicau hebat ini selalu pilih yang berjenis kelamin jantan. Namun bagaimana jadinya jika anda masih belum tahu cara membedakan cendet jantan dan betina secara akurat. Tentunya anda akan sesulitan menentukan jenis kelamin burung pentet / toet ini bukan!

perbedaan cendet jantan dan betina

Perbedaan burung cendet jantan dan cendet betina akan sangat mudah sekali dikenali saat usianya sudah dewasa atau setidaknya ketika bulunya sudah pernah mabung atau brodol. Ciri-ciri cendet jantan yang sudah dewasa adalah warna bulu hitam di tubuhnya tampak lebih tegas dan pekat. Sedangkan pada cendet betina warna hitamnya lebih pudar atau cendrung abu-abu.

Sebagai cendet mania yang up to date memang sangat dianjurkan untuk memahami seluk beluk burung cerdas yang juga disebut burung Addes ini di Jawa Timur dan Lanius schach dalam bahasa inggris. Salah satunya ialah paham bagaimana cara membedakan cendet jantan dan cendet betina dengan benar. Baik itu cendet yang masih piyik, trotolan maupun yang sudah dewasa sekalipun.

Dengan menguasai perbedaan ciri pentet jantan dan betina akan membuat anda lebih menyenangkan dalam menjalani hobinya sebagai pecinta burung cendet. Baiklah berikut beberapa tips jitu cara mengetahui perbedaan kelamin burung cendet menurut pengalaman pribadi dan pakar cendet yang sudah berpengalaman.

Perbedaan Burung Cendet Jantan dan Betina


# Ciri-Ciri Cendet Jantan Anakan Trotolan
  • Garis hitam di bagian pipi terlihat pekat.
  • Bentuk kepala kotak dan papak atau datar pada bagian atas.
  • Jarak antar kedua supit nya rapat (diraba dengan jari).
  • Di bagian ekor terdapat bulu berwarna hitam yang relatif terang.
  • Perilakunya tampak lebih tenang dak tidak terlalu cerewet atau manja.

# Ciri-Ciri Cendet Betina Anakan Trotolan
  • Garis hitam pada sisi pipi terlihat kurang pekat.
  • Bentuk kepalanya nampak bundar atau menggelembung di sisi atas.
  • Jarak kedua supitnya cendrung lebih renggang (bisa diraba pakai jari).
  • Warna hitam dibagian ekornya nampak samar-samar.
  • Perilakunya cendrung lebih cerewat dan manja.

* Ciri-Ciri Cendet Jantan dan Betina Dewasa

Khusus burung pentet dewasa, rasanya anda semua sudah dapat membedakan kelaminnya dengan sangat mudah. Karena untuk mengenali mana pentet jantan dan pentet betina bisa dibilang sangat gampang. Caranya hanya memperhatikan warna bulu. Warna bulu cendet jantan terlihat lebih tegas terutama pada bulu hitamnya tampak sangat pekat, sementara pada pentet betina warna bulunya cendrung memudar / tidak tegas seperti pada pejantan.

Perbedaan cendet betina dan cendet jantan selain dapat diketahui dari penampilan ciri fisik atau warna bulu nya, rupanya juga bisa dideteksi dari karakter suara kicauannya dimana suara cendet jantan kualitasnya betul-betul memukau. Lagu atau suara nyanyiannya kaya variasi lantaran lebih jago dalam meniru kicauan jenis burung lain dengan volume lantang. Sedangkan suara cendet betina tidak begitu keras dan minim variasi atau lagu cendrung monoton.

Artikel Terkait