Mengenal Ciri-Ciri Burung Jalak Nias Lebih Dekat Disertai Gambar

Burung Jalak Nias merupakan pengicau rumahan yang juga cukup diminati kalangan pecinta burung tanah air selain jenis jalak lainnya, seperti jalak bali, jalak putih, jalak suren dan Beo. Meski pamornya bisa dikatakan tidak setenar saudara dekatnya tersebut, ternyata tak menyurutkan minat penggemarnya untuk menjadikan jalak nias sebagai burung peliharaan klangenan untuk dinikmati suara nyanyiannya maupun untuk masteran.

burung jalak nias


Karakteristik Jalak Nias


Salah satu ciri khas jalak nias yang menjadi pembeda abadinya dari jenis burung jalak lainnya adalah terdapat adanya kulit berwarna kuning yang menghias di bagian wajah, tepatnya di belakang kedua mata indahnya tersebut. Secara penampilan burung pengicau yang memiliki nama latin Acridhoteres tristis ini terlihat hampir mirip dengan kerabat dekatnya yaitu burung jalak kebo dimana bulu-bulu cantiknya juga berwarna gelap.

Namun keduannya tidak mempunyai warna bulu yang sama persis. Burung jalak nias atau dalam bahasa internasional dinamakan Common myna mempunyai warna bulu dominan hitam kecoklatan yang terpancar dari punggung, sayap, dada sampai perut. Sementara bulu lainnya berwarna hitam legam dan putih. Bila ditelisik dari kualitas suara kicauan jalak nias terkenal relatif keras, berisik dengan alunan nada yang melengking.

Selain bersuara cukup lantang, burung jalak nias atau kerak nias ini juga dikenal sebagai kicauan yang tak kalah pintar dengan jenis burung lainnya, khususnya dalam menirukan masteran / suara burung lain. Bahkan jalak nias juga sanggup menirukan omongan manusia, yah walaupun dalam hal ini masih dibawah kepiawaian burung Beo dalam melafalkan perkataan manusia.

Ciri-Ciri Jalak Nias / Common Myna

  • Memiliki postur tubuh sekitar 28 cm.
  • Terdapat aksen berwarna kuning di area belakang mata.
  • Paruh berwarna kuning, lancip dan tajam.
  • Kaki dan jemari juga berwarna kuning.
  • Bulu di kepala sampai pangkal leher berwarna hitam pekat.
  • Bulu ekor warnanya hitam dan pada ujung ekor berwarna putih.
  • Warna bulu dari punggung, sayap, dada hingga perut tampak hitam kecoklatan.
  • Khusus jalak nias jantan warna bulunya nampak lebih tegas, sedangkan jalak nias betina bulu-bulunya terlihat sedikit kusam.

Demikian penjelasan mengenai burung jalak nias berparas hitan nan gagah ini. Jika anda kini sudah memiliki dan merawat jalak nias hendaknya untuk memberikan perawatan yang baik dengan cara rutin memasternya, menghidangkan makanan kesukaannya seperti pisang, pepaya, jangkrik, belalang, ulat dan kroto serta pemandian dan penjemuran semestinya juga rutin dilakukan agar kesehatannya tetap terjaga dan pastinya supaya makin rajin gacor dengan kualitas yang memesona.

Artikel Terkait