Mengenal Ciri Burung Jalak Kebo Lebih Dekat Plus Gambarnya

Burung Jalak Kebo sebenarnya memiliki beberapa nama panggilan, antara lain: jalak hitam, jalak ungu, jalak kerbau dan jalak penyu. Dalam bahasa latinnya pengicau berukuran sedang ini disebut Acridotheres javanicus. Terlepas dari nama-nama yang disandangnya tersebut, Jalak Kebo termasuk salah satu jenis burung jalak yang juga banyak dipelihara di kalangan pecinta burung tanah air.

jalak kebo

Di habitat aslinya, burung jalak kebo boleh dibilang berteman baik dengan kerbau. Buktinya jalak kebo atau dalam bahasa inggrisnya disebut White vented myna tersebut sering bertengger di punggung kerbau untuk mencari makanan gratis berupa kutu dan serangga yang menempel di tubuh kerbau tersebut. Nah, karena kebiasaan unik itulah tidak mengherankan jika kemudian ia dikenal dengan sebutan Burung Jalak Kebo.

Ciri khas kicauan burung jalak kebo biasanya terdengar riuh dan berisik. Karena pengicau berperawakan hitan nan gagah ini termasuk burung yang crewet. Jadi sangat tepat sekali jika anda menginginkan suasana sekitar rumah lebih ramai. Sebetulnya jalak kebo juga bisa meniru kicauan burung lain. Jadi sangat dianjurkan dalam perawatan sebaiknya memberikan pelatihan master agar suara nyanyiannya lebih bervariasi.

Jalak kebo selain mampu menirukan suara burung lain, ia juga bisa meniru perkataan manusia meskipun sepatah duapatah kata saja. Kecerdasan jalak kebo memang tak sebanding dengan kecerdasan Burung Beo yang mana kemampuan berbicaranya sudah tersohor kemana-mana. Walaupun begitu, jalak kebo tetap diminati karena dari segi harga sangat murah dan dari sisi penampilan juga tak kalah menarik.

Adapun penyebaran burung jalak kebo di Indonesia banyak ditemukan di pulau Jawa, Bali dan Sumatera. Sedikitnya ada 2 jenis jalak kebo yang dikenal masyarakat kita, adalah jalak kebo mata kuning dan jalak kebo mata putih. Dari kedua jenis burung tersebut, rupanya di kalangan kicau mania lebih mengunggulkan jalak kebo bermata kuning karena diyakini memiliki suara kicauan lebih mumpuni.

Ciri-Ciri Jalak Kebo / Javan Myna

  • Warna bulu dominan hitam legam dan ungu kehitaman.
  • Terdapat sedikit strip putih di sayap, tunggir dan ujung ekor putih.
  • Kepala, ekor dan ujung sayap warnanya hitam pekat.
  • Postur tubuhnya yaitu sekitar 25 cm.
  • Terdapat jambul yang tersusun rapi di pangkal paruh.
  • Memiliki paruh, kaki dan jemari yang warnanya kuning.
  • Saat masih remaja / muda bulu-bulunya cendrung lebih coklat.
  • Ciri-ciri jalak kebo jantan adalah postur lebih panjang dan bsesar.
  • Sedangkan ciri-ciri jalak kebo betina badannya cendrung lebih kecil.
  • Bola mata ada yang kuning dan putih tergantung jenisnya.

Itulah pembahasan singkat mengenai burung jalak kebo / jalak hitam yang mana pengicau satu ini memiliki kebiasaan unik karena kedekatannya dengan hewan bernama kerbau / kebo guna mencari serangga yang ada di tubuh kerbau. Selain serangga atau kutu, jalak kebo juga doyan memakan jangkrik, belalang juga buah-buahan semisal papaya dan pisang dain lain sebagainya.

Artikel Terkait