Mengenal Ciri-Ciri Burung Gereja Lengkap dengan Gambarnya

Tags
Burung Gereja adalah salah satu jenis burung mungil yang relatif dekat dengan manusia. Karena kebiasaannya berkeliaraan di sekitar rumah untuk mencari makanan berupa sisa voer pakan burung kicau peliharaan, sisa makanan dan nasi kering yang biasanya dijemur di halaman rumah. Sering juga burung bernama Sparrow dan Passer domesticus ini memakan padi yang sedang dijemur oleh masyarakat maupun Selep.

burung gereja

Walaupun terlihat familiar dengan manusia, BurungBabe sangat tidak menyarankan anda untuk memeliharanya dari hasil tangkapan alam. Karena karakter burung gereja yang giras dan relatif sulit dijinakan. Jika anda berkeinginan untuk memeliharanya sebaiknya dari anakan yang bisa anda dapatkan cukup mudah hanya di sekitar rumah. Mengingat burung gereja suka membangun sarang di atap rumah-rumah, gereja, tiang listrik dan juga di pepohonan yang tak terlalu tinggi.

Ada satu keunggulan yang dapat disuguhkan oleh burung gereja adalah ‘suara gereja tarung’. Dimana kicauan suara gereja yang terdengar sedang berkelahi tersebut sangat difavoritkan di kalangan kicau mania. Masteran suara gereja tarung sangat ideal bahkan sangat dianjurkan untuk dijadikan guru vokla bagi burung lomba, semisal cendet, murai batu, kacer dan cucak ijo. Hingga kini masteran burung gereja masih menjadi pilihan andalan untuk burung kontes.

Di habitat aslinya, burung gereja sering terlihat bergerombol dengan kawanannya. Oleh karenanya, pengicau satu ini disebut juga burung sosial. Meski begitu, gereja jantan tak jarang sering berantem dengan betina maupun pejantan lainnya. Hal ini biasanya kerap terjadi lantaran perebutan betina maupun betina itu sendiri yang enggan mau kawin. Dari perkelahian itu, terciptalah sebuah kicauan unik dan sangat khas yaitu suara gereja tarung.

Secara penampilan fisik, burung gereja memiliki postur relatif lebih besar dari kenari dan blackthroat. Namun tampak lebih pendek dan gempal. Nah untuk lebih mengenalinya baiknya anda simak ciri-ciri burung gereja berikut ini.

Ciri-Ciri Burung Gereja / Sparrow

  • Bulu-bulunya didominasi warna coklat, abu-abu putih dan sedikit hitam.
  • Postur tubuh kecil dan gempal yaitu sekitar 14 cm.
  • Di bawah dagu sampai leher terdapat garis vertikal berwarna hitam.
  • Bulu halus di area telinga tampak hitam.
  • Di sekitar tepian lehernya terlihat putih.
  • Bulu yang menutupi kepala warnanya merah bata.

Itulah sekilas penjelasan mengenai burung gereja yang mana kicauan khas suara gereja tarungnya menjadi satu diantaran masteran burung paling favorit para kicauu mania.

Artikel Terkait