Mengenal Ciri Burung Cucak Ijo / Hijau Lengkap dengan Gambarnya

Burung Cucak Ijo atau Cucak Hijau hingga kini menjadi salah satu burung kontes yang  difavoritkan di kalangan kicau mania Indonesia. Hal ini pasti tidak lepas dari kualitas yang dimiliki oleh pengicau hebat berbulu dominan hijau ini. Terutama pada kemampuan menirukan berbagai macam suara burung lainnya dengan karakternya yang disebut ngentrok tersebut.

burung cucak ijo

Gaya ngentrok seakan menjadi pembeda abadinya dengan jenis kicauan lainnya. Memang setiap jenis burung kicau hadir dengan keunggulan dan ciri khasnya masing-masing. Saat bertarung di atas gantangan ada yang mengeluarkan jurus mabuk, berkicau ropel, ngerol dan lainnya. Satu karakter yang telah disandang burung cucak ijo adalah gaya ngentrok  tersebut.

Skill berkicau dengan gaya ngentrok ini ditujukan pada burung cucak ijo yang ketika berkicau atau bertarung di atas gantangan perlombaan, bulu-bulu di atas kepalanya tampak berdiri. Walaupun tidak semua cucak ijo terbiasa berkicau sembari menunjukan gaya ngentrok tersebut. Namun cucak ijo ngentrok masih lebih difavoritkan di kalangan penggemarnya. Karena dinilai lebih ngotot dan menarik saat berkicau.

Ciri-Ciri Burung Cucak Ijo / Hijau

  • Berpostur sedang yakni sekitar 22 cm
  • Penampilan fisik sangat cantik dengan ciri khas bulu dominan hijau.
  • Saat usia muda perbedaan jenis kelaminnya relatif sulit dibedakan.
  • Memiliki ingatan yang kuat dalam menghafal dan menirukan suara burung lain namun gampang lupa juga jika kemudian jarang dimaster.
  • Gaya berkicaunya sangat khas, populer dengan istilah ngentrok (bulu di atas kepala berdiri ketika berkicau).
  • Burung dimorfik, artinya mudah dikenali hanya dengan melihat ciri khas goresan warna bulunya ketika sudah dewasa,
  • Ciri-ciri cucak ijo jantan dewasa memiliki flek hitam di pipi sampai dagu / leher.
  • Sedangkan ciri-ciri cucak ijo betina dewasa kerongkongannya tampak putih kekuning-kuningan.

Cara Merawat Burung Cucak Ijo


Dalam merawat burung cucak ijo agar gacor dan ngentrok dengan kualitas kicauan yang memadai memang bukan perkara mudah namun bisa diupayakan dengan memberikan perawatan yang baik. Mulai dari menempatkan pada sangkar yang ideal, pemandian dan penjemuran yang rutin serta melatihnya dengan masteran cucak ijo gacor maupaun dengan adio suara burung lain. Dan tak lupa pemilik juga perlu menyajikan makanan berkualitas.

Memberikan pakan bernutrisi pada burung cucak hijau rupanya dapat memberikan dampak yang cukup signifikan dalam perawatan cucak ijo biar gacor. Adapun makanan cucak ijo yang utama dalam rawatan adalah voer dan pisang. Sesekali perlu dihidangkan pula kroto dan jangkrik agar stamina dan kesehatan tetap terjaga sehingga mood untuk rajin berkicau atau gacor akan selalu berkobar dalam dirinya.

Penting pula untuk anda ketahui bahwa burung cucak ijo ini memiliki nama latin Chloropsis sonnerati sedangkan dalam bahasa inggrisnya disebut Leather green leafbird. Pengicau bernama cak ijo ini sebetulnya tidak termasuk dalam keluarga burung merbah atau cucak-cucakan. Melainkan masih berkerabat dengan burung cipoh yang juga terkenal karena suara khasnya yang sangat merdu dan mendayu-dayu tersebut.

Artikel Terkait