Mengenal Ciri Burung Cipoh / Sirpu / Sirtu Dilengkapi Gambarnya

Tags
Burung Cipoh atau juga umum disebut Burung Sirpu atau Sirtu (kacat) memiliki nama latin Aeghina tiphia merupakan burung mungil dengan ciri khas warna bulu kuning kehijau-hijauan. Burung cipoh termasuk salah satu jenis kicauan yang juga cukup diminati di komunitas kicau mania. Alasannya, karena cipoh memiliki kualitas suara nyanyian sangat berkarakter dengan alunan irama yang sangat merdu yang diakhiri dengan nada tinggi.

burung cipoh kacat
Burung Cipoh Kacat

Di Indonesia, burung cipoh tidak termasuk dalam kelas burung lomba seperti halnya Lovebird, Kacer, Kenari dan lain sebagainya. Meski begitu, banyak juga pecinta burung kicau yang memilihnya untuk menjadikannya sebagai klangenan. Tentu hal ini karena kualitas suara kicauan burung sirtu begitu unik, dimana tidak semua jenis burung belum tentu mampu meniru suara nyanyian khasnya tersebut.

Perlu anda ketahui pula bahwa burung cipoh seringkali membawakan lagu-lagu khasnya tersebut ketika berada di alam bebas. Ciiieee...3x Pow, begitulah suara andalannya. Akan tetapi ketika sudah dipelihara manusia pengicau mungil satu ini relatif sulit untuk menyanyikan lagu merdunya tersebut. Oleh karena itu, sangat dinjurkan anda pelihara mulai dari anakan atau trotolan dan berkelamin jantan bukan betina.

Di tanah air sendiri, sedikitnya ada 2 jenis burung cipoh / sirpu yang paling populer yakni cipoh kacat dan cipoh jantung (Aegithina viridissima). Dua hal paling mencolok perbedaannya dari kedua jenis pengicau merdu tersebut adalah postur sirtu kacat relatif lebih besar yakni sekitar 14 cm. Sementara ukuran bodi sirpu jantung lebih kecil sekitar 13 cm. Dan warna bulu  sirpu kacat tampak lebih tegas dengan aksen hitam dan putih yang menghias di sayap.

Ciri-Ciri Cipoh Kacat / Common Iora

  • Bulunya didominasi warna hijau kekuning-kuningan.
  • Terdapat garis putih dengan variasi hitam di sayap.
  • Lingkar mata / cincin mata berwarna kuning agak terang.
  • Paruh, kaki dan jemari nya terlihat hitam kebiru-biruan.
  • Warna bulu di bawah tubuh cendrung lebih terang.
  • Postur lumayan kecil kurang lebih 14 cm.

Burung cipoh selain terkenal dengan nama-nama panggilan diatas. Cipoh jug dikenal dengan nama kunyit kecil, cito, cipo, kelichap kuyet, cipeuw dan burung ulat kuning di masing-masing daerah. Terlepas dari nama-nama yang sangat beragam itu, ketahuilah bahwa burung sirpu mempunyai kualitas suara nyanyian yang betul-betul merdu dan enak didengar.

Makanan favorit burung cipoh diantaranya adalah jangkrik kecil, belalang, larva, kupu-kupu kecil dan serangga kecil lainnya. Jika saat ini anda sedang merawat burung cipoh anda juga boleh memberinya kroto dan voer. Agar burung sirpu gacor sebaiknya anda berikan pelatihan mastering menggunakan suara cipoh mp3 atau anda juga bisa memancingnya dengan cara mendekatkan burung cipoh betina biar gacor.

Artikel Terkait