Mengenal Ciri Burung Cililin Coklat dan Hitam Lengkap Dgn Gambar

Tags
Burung Cililin atau dalam bahasa internasional disebut Crested jay merupakan salah satu jenis burung master yang menjadi idola para hobis burung kicau di Indonesia. Alasan paling utama mengapa banyak kicau mania sangat menyukai burung cililin, karena pengicau berjambul ini memiliki kualitas tembakan atau tonjolan lagu berspeed sangat rapat. Sehingga sangat tepat untuk dijadikan masteran burung lomba khususnya.

burung cililin coklat
Burung Cililin Coklat

Burung masteran favorit yang seukuran kutilang ini memang dibekali kemampuan berkicau yang memadai dengan ciri khasnya sendiri. Dimana karakter suara tembakan yang dimilikinya bernada cepat dan kasar, hal ini cukup sulit ditemui pada jenis burung lain. Jika disandingkan dengan cucak jenggot yang juga dikenal punya kicauan berirama rapat, namun suara nyanyian cililin masih bisa dikatakan lebih rapat dan melengking.

Burung cililin umumnya memiliki 2 macam warna yang dikenal oleh masyarakat kita. Adapun warna burung cililin adalah coklat dan hitam. Dari kedua varian jenis tersebut, kebanyakan para kicau mania lebih mengunggulkan Clilin coklat dari pada Cililin hitam. Karena burung celilin yang berwarna coklat diyakini mampu mengeluarkan tembakan-tembakan dengan kualitas lebih dahsyat.

burung cililin hitam
Burung Cililin Hitam

Cililin atau yang juga umumn dikenal dengan nama Tangkar Ongklet ini bernama ilmiah Platylophus galericulatus, sebetulnya masih satu keluarga dengan burung gagak yang memiliki sifat tak mau kalah atau ingin selalu mengungguli suara kicauan burung lain maupun sejenisnya. Jika anda ingin merawat burung cililin di rumah siap-siaplah area sekitar akan jadi berisik tapi cukup menghibur.

Ciri-Ciri Burung Cililin / Crested Jay

  • Cililin coklat bulu-bulunya didominasi warna coklat/kelabu.
  • Cililin hitam bulu di tubuhnya dominan hitam pekat.
  • Postur badan seukuran burung kutilang namun dengan karakteristik berbeda.
  • Memiliki jambul yang menjulang panjang di atas kepala.
  • Di bagian samping leher terdapat goresan putih.
  • Ciri khas suara besetan tajam yang melengking.
  • Persebarannya meliputi Sumatera dan Sumbawa.
  • Makanannya adalah serangga dan buah (pisang dll).

Itulah tadi ulasan singkat terkait burung cililin yang mana popularitas dan ketenarannya masih terus menggema di kancah perburungan tanah air. Meskipun terbilang populer rupanya Burung Cililin ini relatif susah didapat karena cukup langka di pasaran, sehingga berpengaruh terhadap harga jualnya yang kemudian dibanderol lumayan mahal.

Artikel Terkait