Mengenal Ciri Burung Cendet Lebih Dekat Lengkap dgn Gambarnya

Tags
Tahukah anda? Burung Cendet atau Pentet yang dalam bahasa latinnya dinamakan Lanius schach merupakan burung predator yang memiliki segudang keunggulan istimewa dalam berkicau. Berbagai suara kicau burung lainnya dapat dilahap begitu entengnya. Maksudnya cendet dengan sangat mudahnya mampu menirukan suara burung lain.

burung cendet atau pentet

Burung cendet yang dalam bahasa inggrisnya dinamakan Long tailed shrike juga menjadi salah satu burung lomba favorit, sebab ditinjau dari sisi skill berkicaunya memang sangat dahsyat. Meskipun disebut-sebut sebagai burung kontes papan atas yang memiliki banyak sekali peminat, ternyata pentet atau cendet atau toet yang pandai sekali berkicau ini memiliki harga pasaran relatif terjangkau.

Ketenaran burung cendet dari dulu sampai sekarang terus mancep di hati para penggemarnya. Karena cendet memang mampu menyuguhkan kelebihan-kelebihan yang dimilikinya dimana tidak dapat ditemui pada burung pengicau lainnya. Dalam perlomban burung kicau pun, cendet jawara khususnya selalu menampilkan skill berkicau terbaiknya dengan karakter tembakan khasnya masing-masing dengan kualitas super istimewa.

Cendet juga dikenal sebagai burung petarung murni. Jadi lantaran karakter itulah semangat tempur burung cendet mudah sekali berkobar ketia ia melihat dan mendengar suara kicauan burung lain maupun sejenis. Burung pentet atau cendet ini juga dikenal punya sifat ganas. Jadi jangan sekali-kali anda memasukan jari ke dalam sangkarnya, jika tidak mau diterkamnya. Yuk simak ulasan berikut biar makin mengenal sama pengicau cerdas bernama Cendet.

Ciri-Ciri Burung Cendet / Lanius Schach

  • Memiliki ciri khas bulu ekor yang cukup panjang.
  • Bentuk badan memanjang dengan ukuran sekitar 25 cm.
  • Punya paruh yang kokoh, kuat dan tajam untuk menerkam mangsa.
  • Makanannya adalah serangga : jangkrik, belalang, ulat dan sebagainya.
  • Sangat pandai meniru suara burung lain seperti suara kenari, suara tengkek buto dll.
  • Warna bulu cukup beragam muali hitam-putih, coklat, abu-abu, merah (tergantung jenis).
  • Warna hitam di bagian kepala ada yang full (Blangkon) dan semi (sesuai jenis juga).
  • Berperawakan gagah, sangar dan ganas namun juga bisa manja jika perawatan kurang tepat.

Nah itulah pembahasan singkat mengenai ciri-ciri burung cendet. Saya informasikan pula bahwa ada beberapa jenis burung pentet / cendet yang paling dikagumi dan fifavoritkan oleh para cendetmania ialah Burung Cendet Madura, Cendet Jawa Timur dan Juga Cendet yang berasal dari Jawa Tengah. Umumnya burung cendet berkepala Blangkon (full hitam) lebih diunggulkan, karena diyakini memiliki mental tempur pemberani dan suara gacoran yang ngerol panjang-panjang dengan suara kristal.

Artikel Terkait