Mengenal Ciri Burung Branjangan Lengkap dengan Gambarnya

Burung Branjangan | Sekilas bila kita amati pada postur dan tampilan bulu-bulu indahnya yang mentupi tubuhnya tersebut, Burung Branjangan memiliki ciri corak warna bulu yang hampir mirip dengan burung gereja. Yah walaupun pada kenyataannya tidak bisa dikatakan sama. Namun jika ditinjau dari segi kemampuan berkicau tentu Burung Branjangan atau yang dalam bahasa ilmiahnya dinamakan Mirafra javanica ini memiliki kualitas suara nyanyian yang memukau bagi siapa saja yang memandangnya.

Burung branjangan

Adapun ciri khas suara kicauan burung branjangan yang paling diingat di kalangan para penggemarnya adalah berkicau ngotot, kencang dengan alunan lagu yang relatif rapat. Dan kebiasaan unik lainnya ialah berkicau sambil terbang melayang (Hovering) ataupun saat tengah melakukan manuver di atas udara. Tak heran jika kemudian sangkar branjangan dibuat dengan bentuk yang relatif tinggi, tangkringan yang nyentrik pula yaitu pijakan berupa batu bata yang diletakkan di bagian bawah kandang.

Burung branjangan yang punya ciri khas jambul di atas kepalanya tersebut juga mempunyai kebiasaan unik lainnya dimana hal ini tidak akan ditemui pada jenis burung lainnya seperti cendet, kacer, lovebird, murai batu dan sebagainya. Dimana karakteristik yang saya maksud adalah Branjangan membuat sarang di atas tanah untuk meletakan telur dan membesarkan anak-anaknya. Entah siapa awalnya yang mengajarinya demikian. Tapi yang jelas sang penciptalah yang mengajari itu semua.

Pengicau hebat bernama branjangan ini termasuk jenis burung yang sering dilombakan di Indonesia. Penggemarnya pun banyak. Karena memang burung berpostur mungil dengan ciri khas warna bulu coklat bergaris keabu-abuan ini memiliki kecerdasan dan kemampuan meniru kicauan burung lain yang baik. Jadi wajarlah bila banyak kicau mania yang menyukainya. Bagi anda yang ingin tahu Burung Branjangan lebih detail silahkan simak ciri-ciri nya di bawah ini.

Ciri Ciri Burung Branjangan

  • Memiliki postur sekitar 10-14 cm.
  • Biasanya membangun sarang di atas permukaan tanah.
  • Bulu-bulunya bermotif seperti batik dengan balutan warna coklat bergaris abu-abu dan tampak berbintik-bintik.
  • Terlihat sering berkicau di atas gundukan tanah dan juga di atas pepohonan.
  • Mempunyai kebiasaan unik yaitu berkicau sambil terbang.
  • Suara kicauan branjangan jantan dinilai lebih berkualitas (suara lebih keras dan lagu bervariasi) dibandingkan kiacaun branjangan betina yang dinilai cendrung monoton dan pendek-pendek.

Demikian ulasan mengenai karateristik atau ciri-ciri burung branjangan yang mana dalam bahasa inggrisnya dikenal dengan nama Horsfield's Bushlark. Semoga menjadi tambahan wawasan buat anda para pecinta burung kicau.

Artikel Terkait