Mengenal Ciri-Ciri Burung Blackthroat Lengkap Dengan Gambarnya

Burung Blackhtroat atau juga umum disingkat BT dalam bahasa latinnya dinamakan Serinus atrogularis merupakan burung mungil yang memiliki ciri khas suara kicauan mendayu-dayu dengan ritme cepat. Volume suara nyanyiannya juga terdengar sangat kencang nan mengkristal namun tidak memekakan gendang telinga.

Burung Blackthroat

Tahukah anda? Mengapa burung yang seukuran kenari ini dinamakan blackthroat. Kata Blackthroat berasal dari bahasa inggris. Black artinya hitam dan throat adalah kerongkongan. Jika disambung maka Blackthroat artinya burung berkerongkongan hitam. Jadi nama ini memang sangat pas karna burung Blackthroat mempunyai ciri noktah hitam yang menghias dibagian leher atau kerongkongannya.

Burung blackhtroat aslinya berasal dari Afrika. Disanalah pengicau mungil ini banyak ditemukan di padang rumput savanah. Di habitat aslinya Blackthroat punya kebiasaan bertengger di atas pepohonan yang tinggi sembari berkicau menyanyikan kicauan khasnya yang merdu dan seakan bergelombang tersebut. Walaupun Blackthroat berkicau dari atas ketinggian suara kicaunya tetap terdengar jelas dari bawah, karena volumenya memang lantang dan mengkristal.

Blackthroat termasuk burung pemakan biji-bijian sama seperti kenari. Karena memang masih serumpun dengan kenari. Adapun jenis biji-bijian kesukaan blackthroat adalah canary seed, biji sawi, milet, niger seed dan berbagai macam jenis biji-bijian lainnya. Sehingga perawatannya bisa dikatakan relatif gampang. Berikut ciri fisik dan keunggulan burung blackthroat.

Ciri-Ciri Burung Blackthroat

  • Postur tubuh mungil kurang lebih 12 cm.
  • Memiliki ciri khas noktah hitam di kerongkongan.
  • Bulu didominasi warna kecoklatan, hitam dan abu-abu.
  • Di pangkal ekor bagian atas (tunggir) terlihat kuning.
  • Paruh tampak kokoh menandakan pemakan biji-bijian.
  • Suara kicauannya mengalun merdu dengan ritme lumayan cepat.
  • Kualitas suara nyanyian blackthroat jantan gacor diyakini lebih berkualitas (panjang, kuat dan bervariasi).
  • Sedangkan suara kicauan blackthroat betina dinilai kalah bagus karena cendrung monoton dan putus-putus.

Itulah penjelasan singkat mengenai burung blackthroat atau yang dalam bahasa internasional dinamakan Black throated canary yang mana karakteristiknya memiliki sisi keunikan tersendiri baik dalam penampilan secara fisik maupun dalam hal tarikan suara memang patut diacungi jempol. Walaupun dilihat dari keindahan warna bulunya memang tidak terlalu ngejreng alias kalem.

Artikel Terkait