Mengenal Lebih Dekat Burung Beo yang Pandai Berbicara

Tags
Burung Beo atau Tiong Mas (Gracula religiosa) merupakan burung yang sangat cerdas dalam menirukan berbagai bagai macam jenis suara. Beo dapat dengan mudah meniru bahasa manusia, suara alat musik, suara klakson kendaraan maupun suara benda lainnya. Kepintaran burung beo dalam mengucapkan omongan manusia juga dipengaruhi oleh faktor pelatihan pemasteran yang diberikan pemilik pada hewan cerdas berperawakan hitam legam ini.

Burung Beo

Burung beo dewasa terutama yang sudah terlatih dapat dengan fasih mengucapkan "Assalamualaikum, Bapak ada tamu, selamat pagi" dan sebagainya. Oleh karena itu, sebagai pemilik sangat dianjurkan untuk melatihnya ketika usianya masih muda atau anakan. Dan sebisa mungkin pemilik sebaiknya menghindarkan burung pintar ini dari suara-suara yang tidak diinginkan (kata-kata jorok/kasar) karena  bisa saja ditirunya.

Tahukah anda? mengapa burung beo begitu pandai menirukan berbagai macam jenis suara. Karena beo memiliki syrinx yang mana bentuknya mempunyai kemiripan dengan tenggorokan manusia. Nah dengan adanya syrinx itulah membuat burung beo dibekali kemampuan mengolah vokal yang baik. Tak heran jika burung beo dewasa mampu meniru dan mengucapkan "Assalamualaikum, Bapak ada tamu, Tok-tok-tok" dengan mudahnya.

Lantaran keunikan dan keunggulan burung beo itulah, maka tak mengherankan bila banyak orang sangat menyukai burung cerdas berperawakan hitam ini sebagai binatang peliharaan favoritnya. Burung beo memang tidak biasa dilombakan seperti halnya burung kacer, lovebird, murai batu, dll. Namun Beo sangatlah ideal bila dijadikan sebagai hewan peliharaan sebagai penyambut tamu atau penjaga rumah.

Ciri-Ciri Burung Beo

  • Warna bulu dominan hitam dengan sedikit variasi putih di bagian sayap.
  • Posturnya terbilang besar yakni sekitar 30 cm. 
  • Paruhnya berwarna kuning dengan semburat oranye.
  • Kaki dan jemarinya berwarna kuning gading.
  • Di bagian kepala memiliki pial warna kuning.
  • Persebarannya meliputi pulau Jawa dan Sumatera.

Itulah beberapa karakteristik burung beo yang mana kemampuan menirukan beragam suara sudah tak perlu diragukan lagi. Memang beo termasuk burung paling cerdas di dunia. Perlu anda tahu sebetulnya ada satu jenis beo yang diyakini mempunya kemampuan lebih baik dari jenis beo jawa/biasa, dia adalah Burung Beo Nias (Gracula robusta). Secara penampilan posturnya lebih bongsor dari pada jenis lainnya.

Makanan Burung Beo 


Beo sangat doyan memakan buah-buahan segar yang berasa manis, seperti pisang, pepaya, apel, melon dan sebagainya. Selain buah beo juga sangat menyukai pakan berupa serangga seperti jangkrik, belalang, kroto, ulat dan serangga lainnya. Jika anda merawat burung beo anda juga bisa menambahkan voer sebagai menu hariannya.

Artikel Terkait