5 Langkah Cara Ternak Anis Cendana Agar Sukses Bagi Pemula

Cara Ternak Anis Cendana | Dewasa ini banyak peternak sukses budidaya berbagai macam jenis burung kicauan populer yang biasanya memiliki harga jual yang relatif mahal. Sebut saja murai batu, kacer, lovebird dan lain sebagainya. Lalu bagaimana prospek atau peluag nya jika ingin ternak anis cendana secara ketenarannya bisa dikatakan baru beranjak naik.

cara ternak anis cendana

Sebagian orang mencoba beternak burung kicau bukan semata-mata karena keuntungan semata melain hobi. Nah bagi anda yang tertarik ingin mencoba budidaya atau ternak anis cendana sebaiknya anda ketahui dulu beberapa tips yang nantinya dapat memudahkan anda dalam pengankaran burung kicau yang masih satu genus dengan Anis Kembang dan Anis Merah. Berikut beberapa tips penangkarannya.

Cara Ternak Anis Cendana


#1. Kandang ternak

Hal pertama perlu menyiapkan sangkar khusus ternak. Baiknya buatkan sangkar semi permanen dengan ukuran 90x90x180 atau sesuaikan kondisi lahan yang ada. Burung ini agak sensitif seperti halnya anis merah. Dan usahakan tempat penangkaran aman dan nyaman bagi indukan.

#2. Anis cendana jantan dan betina

Penting sekali untuk dapat menyiapkan indukan yang betul-betul jenis kelaminnya jantan betina dan sudah matang kelamin atau dewasa. Biasanya usia ideal untuk diternak yakni minimal 10 bulan.

#3. Proses penangkaran

Jika kedua indukan sudah disiapkan maka tahap selanjutnya adalah penjodohan dengan cara saling mendekatkan kurang lebih 1 minggu. Kemudian keduanya lepas di kandang ternak tersebut. Dan jangan lupa siapkan pula sarang tempat mereka bertelur.

Berikan juga makanan kesukaannya seperti cacing, kroto, jangkrik secara bergantian dan tak ketinggalan voer harus selalu tersedia di dalam kandang.

#4. Proses bertelur dan menetas

Tanda-tanda akan berhasil ialah induk betina mulai bertelur. Jumlah telur yang dikeluarkan antara 2 sampai 3 butir. Telur-telur tersebut akan dierami oleh indukan kurang lebih 14 hari. Nah, setelah melewati masa pengeraman maka anakan anis cendana yang masih merah nan lucu mulai menetas.

Piyik yang telah berhasil menetas tersebut akan dirawat oleh indukan sampai mereka bisa makan sendiri. Namun jika peternak ingin meloloh anakan tersebut maka anda bisa panen anakan ketika usianya baru 2-3 minggu. Penting untuk diingat saat telur menetas sampai panen usahakan pakan tambahan atau extrafooding harus selalu tersedia supaya pertumbuhan anakan dan kesehatan indukan bisa optimal..

#5. Panen anakan

Seperti yang telah disampaikan di atas bahwa memanen anakan anis cendana bisa dilakukan ketika usianya baru 3 mingguan atau menungggunya hingga bisa mandiri baru dipisah dari indukan. Nah proses ternak anis cendana ini dinikmati saja sedari awal sampai pemanenan. Bagi pecinta burung kicau pasi setiap prosesnya akan terasa begitu menyenangkan.

Demikian tips atau tata cara ternak anis cendana dari BurungBabe kali ini . Semoga bermanfaat dan berhasil ya. Amiiin.

Artikel Terkait