7 Ciri-Ciri Burung Murai Batu Lampung Beserta Harga dan Gambarnya

Kali ini Burungbabe.com akan mengulas seputar Burung Murai Batu Lampung namun ada pula yang meyebutnya sebagai murai batu lampung super, khususnya yang berekor panjang. Bagi sobat para pecinta burung kicau sebaiknya dapat mengetahui semua jenis burung kicau yang populer di Indonesia apalagi sekelas murai batu ini. Mengenali setiap jenis murai batu akan sangatlah penting sebab dapat meminimalisir salah pilih atau tertipu saat hendak membelinya di pasaran.


Setiap jens burung murai biasanya tidak memiliki ciri fisik yang begitu mencolok sehingga diperlukan sedikit pemahaman dang pengalaman untuk dapat memastikan jenisnya atau wilayah asalnya kecuali murai batu nias yang identik dengan ekornya berwarna hitam. Sesuai dengan nama yang disandangnya murai batu lampung ini tentu habitat aslinya berasal dari wilayah Sumatera tepatnya di daerah Lampung dan sekitarnya.

Namun informasi yang Burungbabe peroleh murai batu lampung juga dipasok dari Kota Agung, Jambi dan juga Riau. Tapi yang jelas murai satu ini juga mempunyai kualitas kicauan yang tak kalah baiknya dengan murai asal Sumatera lainnya seperti murai batu medan dan murai batu nias.

Ciri-Ciri Murai Batu Lampung


Untuk dapat mengenali satu jenis burung murai biasnya hal pertama yang bisa dijadikan acuan adalah berdasarkan ciri fisik seperti panjang ekor, warna bulu, postur badan dan juga ciri khas skill berkicaunya. Berikut ciri murai batu lampung yang ideal selengkapnya.

  1. Postur badannya relatih kecil jika dibandingkan dengan murai batu medan.
  2. Panjang bulu ekor terbilang relatif pendek yakni sekitar 10-12 cm. Sedangkan yang disebut murai batu lampung super biasanya ditujukan pada bulu ekor yang lebih panjang.
  3. Warna oranye di bagian dada hingga perutnya tampak agak gelap. Sedangkan para murai batu borneo warna oranye di dada sampai perutnya tampak cerah atau agak terang.
  4. Memiliki kemampuan berkicau yang cukup baik dan tak kalah dengan jenis burung murai batu lainnya. Hanya saja variasi suara kicauannya cendrung monoton.
  5. Biasanya memiliki gaya berkicau mematuk sambil menaikturunkan kapalanya saat berkicau.
  6. Saat berkicau tidak mengembangkan bulu seperti halnya pada murai borneo. Seandainya mengembankan bulu biasanya hanya pada bagian perutnya saja.
  7. Dan juga memiliki mental bertarung yang lumayan baik.

Harga Murai Batu Lampung


Adapun harga murai batu lampung berkisar antara Rp 1.000.000  sampai dengan Rp 1.500.000. Harga pasaran tersebut boleh dibilang murah meriah bila dibandingkan dengan harga murai batu medan yang dibanderol lebih mahal.

Demikian informasi tentang burung murai batu lampung beserta harga pasarannya. Jika anda menginginkan burung murai lampung rajin gacor dengan sangat baik maka pemilik diharuskan memberikan perawatan yang baik pula mulai dari pemandian, penjemuran, pengerodongan, jenis makanan yang disajikan dan pemasteran juga harus dilakukan guna menunjang kemampuan berkicaunya agar lebih sempurna.

Artikel Terkait