7 Cara Membedakan Anis Kembang Jantan dan Betina Mudah & Akurat

Anis Kembang Jantan dan Betina | Burung anis kembang merupakan pengicau monomorfik yang artinya antara pejantan dan betina memiliki bentuk dan warna bulu yang sama. Sehingga untuk mengetahui perbedaan anis kembang jantan dan betina memerlukan sedikit pengetahuan dan pengalaman. Namun bagi yang sudah senior tentu dapat dengan mudah mengetahui jenis kelaminnya.


Sebagai pecinta burung kicau alangkah lebih baiknya jika tahu cara membedakan anis kembang jantan dan betina. Dengan begitu, maka segala kegiatan yang berhubungan dengan kicauan yang juga disebut punglor kembang ini nantinya bisa jadi lebih mudah. Jika anda berkeinginan untuk merawat khusus gacoran maka anda harus pilih anis kembang jantan.

Tetapi jika anda ingin beternak anis kembang tentu sobat harus menyediakan burung jantan dan juga betina. Namun jika anda tidak tahu ciri-ciri perbedaan anis kembang betina dan penjantan, maka hal ini akan cukup menyulitkan. Berikut beberapa tips dalam menentukan jenis kelaminnya dari karakteristiknya dengan lebih mudah dan akurat.

Cara Membedakan Anis Kembang Jantan dan Betina


# Anis kembang jantan
  1. Postur badan lebih panjang dan proporsional.
  2. Bulunya tampak tegas dan mengkilap.
  3. Matanya terlihat lebih menonjol keluar.
  4. Terdapat beberapa baris warna hitam di bagian ekor.
  5. Jarak kedua kakinya rapat ketika berdiri.
  6. Sering mendongakan kepalat saat birahi.
  7. Ekornya lebih panjang dan ukuran supit urang lebih sempit.

 # Anis kembang betina
  1. Bentuk badan tampak bulat.
  2. Warna bulunya tak setegas pejantan.
  3. Matanya tak menonjol atau datar.
  4. Bulu ekor dibagian kloaka berwarna putih.
  5. Jarak kedua kakinya lebih lebar saat bertengger.
  6. Sering menggetarkan kedua sayapnya ketika birahi.
  7. Ekornya lebih pendek dan supit urang lebih lebar.

Demikian tips mudah cara membedakan anis kembang jantan dan betina yang dapat Burungbabe.comshare buat sobat semua. Perlu diingat juga bahwa ciri atau karakteristik di atas dapat dikenali lebih mudah bila usia burung sudah dewasa dari pada saat anakan atau trotolan. Jika diamati dari kualitas suara kicaunya tentu burung anis kembang jantan memiliki kualitas berkicau lebih baik dari segi volume dan skill gacornya.

Artikel Terkait