Mengenal Ciri-Ciri Burung Anis Cendana Lengkap dengan Gambar

Burung Anis Cendana (zoothera peronii) meski kepopulerannya tak setenar anis merah dan anis kembang saat ini. Ternyata anis cendana juga mempunyai suatu keunikan dan kelebihan sendiri baik dari sisi tampilan fisik maupun suara kicauan gacornya. Dan perawatannya pun juga relatif gampang tak ubahnya merawat jenis burung anis lainnya, terlebih bagi mereka yang sudah berpengalaman dalam dunia burung kicau.


Bila kita amati pada penampilan warna bulu dan bentuk fisiknya maka akan tampak mirip dengan anis kembang dan anis merah. Hanya saja, khusus anis cendana ini yang menjadi ciri khasnya adalah goresan warna putih dan hitam menghias di bagian wajahnya. Kombinasi warna bulu itulah yang terlihat cukup mencolok dibandingkan dengan jenis anis lainnya. Berikut ciri-cirinya:

Ciri-Ciri Anis Cendana

  • Dibagian wajah / pipi ada goresan warna hitam dan putih.
  • Warna bulu sedkiit dominan coklat kemerahan.
  • Paruhnya tampak biru gelap.
  • Suara kicaunya sebanding AK dan Anis Macan.

Jika anda ingin tahu tentang lokasi persebaran burung anis cendana satu ini yaitu penyebarannya banyak ditemukan di Flores dan juga Timur-Timur yang sekarang Timur Leste. Nah, jika anda ingin beternak anis cendana ini anda bisa mencoba menangkarnya di halaman rumah. Sebaiknya sebelum memulai penangkarannya peternak harus tahu dulu perbedaan anis cendana jantan dan betina supaya cepat berhasil.

Kicauan suara anis cendana jantan ternyata juga mampu menyuguhkan kualitas suara nyanyian yang cukup mengibur dengan irama-irama khasnya. Sehingga banyak pula para pecinta burung ocehan ingin mengoleksi suara kicau gacornya baik untuk masteran ataupun untuk koleksi pribadi.

Suara anis cendana juga lumayan lantang, meski begitu pengicau satu ini umumnya tidak berkicau sambil teler melainkan posisinya sering terlihat nungging. Sehingga banyak kicau mania beranggapan bahwa performa dan gaya tarung anis cendana kurang menarik. Namun perlu diingat bahwa setiap jenis burung tentu membawa keunggulan dan keunikannya tersendiri, termasuk anis cendana yang cantik juga pandai berkicau ini.

Demikian penjelasan singkat tentang burung anis cendana yang juga diminati lantaran keunikan tampilan fisik dan suara kicauan gacornya. Jika sobat ingin mengetahui ciri-ciri anis cendana lebih detail maka mudahnya anda bisa perhatikan kombinasi warna bulunya pada gambar di atas.

Artikel Terkait