Mengenal Burung Kolibri Wulung / Muncang Lebih Dekat Plus Gambar

Tags
Burung Kolibri Wulung dikenal juga dengan nama Kolibri Muncang atau Kaca merupakan salah satu jenis kolibri yang juga menjadi favorit di kalangan kicau mania tanah air. Pasalnya kolibri wulung juga memilki keunggulan dari segi penampilan yang mungil nan cantik dan ia juga dianugerahi kemampuan berkicau yang jempolan. Adapun suara khas kicaunya ialah besetan atau crecetan dengan nada yang relatif kencang dan melengking.

kolibri wulung atau muncang

Ditambah lagi dengan gaya berkicaunya yang begitu khas dibandingkan dengan jenis burung lain. Adapun ciri khas kolibri wulung saat berkicau adalah menurunkan sayapnya setengah badan sembari menggoyangkan badan ke kanan dan ke kiri. Dengan keunikan tersebut tentunya menjadi keunggulan tersendiri baginya. Akhir-akhir ini banyak kicau mania yang jatuh hati dan merwatnya di rumah baik untuk sekedar klangenan ataupun masteran.

Burung Kolibri Wulung atau Muncang


Kolibri wulung termasuk salah satu jenis burung kolibri yang suka makan nektar yang biasanya ia dapatkan dari bunga yang bermekaran dengan cara memasukan paruhnya pada kelopak bunga. Dengan begitu keberadaan burung mungil ini telah turut membantu melakukan penyerbukan bunga secara alami. Oleh karena itu, kita sebagai pecinta burung kicau mustinya bisa lebih bijak saat ingin merawat kolibri muncang ini. Apalagi burung kolibri merupakan burung yang dilindungi.

Terlepas dari itu memang burung kolibri muncang atau wulung ini memancarkan aura kecantikannya sendiri dibalik warna bulu-bulunya yang eksotik. Pada beberapa titik di bagian tubuhnya akan memancarkan warna-warni yang metalik atau mengkilap. Apalagi warna metalik tersebut terkena pancaran sinar matahari maka akan menghadirkan pemandangan yang lebih unik nan cantik lagi yang seolah tampak berminyak.

Di alam bebas burung kolibri wulung atau muncang biasanya sering terlihat berada di tepi-tepi hutan cemara dan juga perkebunan kelapa untuk memburu bunga bermekaran untuk dihisap sari nektarnya sebagai makanannya. Kolibri wulung memang menyukai makanan atau minuman yang manis-manis seperti madu atau sari bunga atau nektar.

Selain nektar ia juga sering terlihat menyantap serangga kecil, ulat dan kupu-kupu kecil. Dan bentuknya sarangnya cukup unik yaitu menggantung dengan jumlah telur sekitar 2 butir. Adapun wilayah persebarannya banyak ditemukan di pulau Jawa, Sumatra dan Kalimantan. Burung kolibri wulung atau muncang ini memiliki nama latin anthreptes singalensis. Demikian sharing dari Burungbabe.com.

Artikel Terkait