Mengenal Burung Kolibri Kelapa / Manggar Lebih Dekat

Tags
Burung Kolibri Kelapa atau yang umum dikenal dengan sebutan Kolibri Manggar merupakan salah satu jenis burung kolibri atau burung madu yang memiliki postur relatif besar dibandingkan dengan jenis kolibri mungil lainnya. Hal ini juga dapat ditengarai dari ukuran paruhnya yang juga relatif lebih besar, sehingga sangat memungkinkan jika burung pemakan madu atau nektar ini diberi makanan berupa voer halus dan juga serangga kecil seperti ulat kandang dan UH.

kolibri kelapa

Burung Kolibri Kelapa Atau Manggar


Seperti jenis burung madu lainnya tentu burung kolibri kelapa atau maggar ini juga mempunyai warna bulu metalik yang mengkilap dan khas. Pada kolibri kelapa warna metalik tersebut menghias pada bagian kepala hingga tengkuk dengan variasi warna biru yang cantik bersinar. Apalagi jika warna bulu metalik tersebut terkena paparan sinar matahari maka akan memancarkan keindahan warna yang terlihat begitu mengkilap yang seolah-olah berminyak.

Ditinjau dari sisi suara kicauan maka suara burung kolibri kelapa atau manggar ini juga mempunyai kualitas suara yang tak kalah menarik dengan jenis lainnya. Suara kolibri manggar juga identik dengan suara besetan atau crecetan khas yang rapat, kencang dan juga melengking. Dengan begitu suara kicauannya kerap dijadikan bahan masteran untuk burung kicau lainnya. Dengan kualitas suara kicaunya yang khas ditambah lagi dengan parasnya yang cantik membuat banyak orang kepincut untuk merawatnya.

Perawatan burung kolibri memang dikenal relatif lebih sulit dibandingkan dengan burung kicauan yang memiliki bentuk paruh pendek dan kokoh. Hal ini wajar sebab burung madu selalu memiliki bentuk paruh yang kecil nan panjang. Sehingga membuatnya kesulitan menyantap makanan yang dihidangkan pemilik seperti voer dan serangga kecil. Tetapi itu semuanya rasanya tidak berlaku untuk kolibri kelapa ini malahan kolibri manggar ini diyakini perawatannya lebih mudah sebab memiliki bentuk paruh yang relatif besar.

Perbedaan kolibri kelapa jantan dan betina dapat dikenali lebih mudah jika usianya sudah dewasa begitupun sebaliknya. Sebab pada usia dewasa warna metalik yang menghias di tubuhnya tampak terang bersinar. Dan suara kicauan burung pejantan pun diyakini lebih keras dan melengking dibanding betina. Tapi perlu diingat bahwa burung kolibri termasuk burung dilindungi di Indonesia sebab ia memiliki peranan penting dalam penyerbukan bunga secara alami.

Burung Kolibri Kelapa atau Manggar ini memiliki nama latin Anthreptes Singalensis. Di alam ia banyak dijumpai di kawasan hutan mangrove, perkebunan kelapa dan pinggiran pantai untuk mencari makanan berupa serangga kecil seperti laba-laba, kupu-kupu kecil dan nektar dari bunga-bunga yang bermekaran seperti bunga sepatu, kelapa, pisang dan lain sebagainya. Salam BurungBabe.com

Artikel Terkait