Ragam Jenis Burung Lovebird Paling Populer di Indonesia

Tags
Burung Lovebird yang dalam bahasa indonesia artinya burung cinta ini merupakan burung yang sangat cantik dilihat dari bentuk dan keindahan bulunya. Lalu mengapa burung ini dinamakan lovebird atau burung cinta? Karena lovebird ini sering bercumbu dengan pasangannya, sering terlihat romantis bak romeo and juliet, dan ia juga terkenal dengan cara kawinnya yang unik yaitu digoyang, lovebird juga dicap sebagai burung paling setia sama pasangannya.

jenis lovebird

Lovebird adalah burung impor yang berasal dari Afrika. Lovebird juga merupakan salah satu jenis burung paruh bengkok yang sangat banyak sekali peminatnya baik di Indonesia bahkan di dunia, karena burung ini identik dengan bentuknya yang mungil dan menggemaskan, warna bulunya yang indah, cara berjalannya yang lucu, suara kicauannya pun terdengar unik yakni ngekek.

Burung lovebird ialah salah satu anggota dari genus Agapornis yang terdiri dari 9 spesies lovebird, namun kali ini saya tidak akan membahas 9 species lovebird tersebut melainkan akan mengulas tentang varian lovebird yang populer di Indonesia. Burung paruh bengkok ini juga dikenal dengan kepintarannya, LB bisa dilatih berbagai trik seperti main bola, puzzle, manaiki tangga, boomerang, fly to me dsb. Berikut beberapa jenis lovebird warna yang populer.

Jenis Lovebird Populer di Indonesia


#1. Lovebird Lutino

Lovebird lutino merupakan varian lovebird yang banyak sekali penggemarnya, awal-awal booming harga lovebird lutino dewasa tembus 5 juta per ekor. LB lutino identik dengan warna bulunya yang dominan kuning cerah dan bagian lehernya berwarna merah. Lb lutino sendiri dibedakan menjadi 2 yaitu lutino mata merah dan lutino mata hitam, dari segi harga lebih mahal yang mata merah, karena sudah barang tentu lebih menarik.

#2. Lovebird Blorok

Lovebird blorok dapat ditengarai pada warna bulunya yang blorok alias tidak beraturan, karena warna bulunya yang terlihat tidak teratur itulah lb blorok ini memiliki keindahan bulu yang unik dan menarik. Harga lovebird blorok tidak murah loh, rata-rata harganya 1 juta keatas karena memang untuk menghasilkan lovebird blorok itu tidaklah mudah.

#3. Lovbird Albino

Lovebird albino dapat dengan mudah dikenali dari warna bulunya yang putih polos, sehingga burung cinta ini terlihat bersih dan suci. Lovebird albino juga ada 2 yaitu lovebird albino mata merah dan mata hitam. Nah, lb albino yang mata merahlah yang lebih banyak peminatnya. Adapun harganya juga lebih mahal yang mata merah.

#4. Lovebird Pastel Kuning

LB Pastel kuning hampir sama dengan lutino yaitu warna bulunya dominant kuning, namun pada pastel kuning warna bulunya ada semburat hijau atau kehijau-hijauan serta kakinya berwarna abu-abu, dan mata nya umumnya berwarna hitam.

#5. Lovebird Parblue

Lovebird sabel terlihat sangat cantik, ada beberapa varian warna pada lovebird sabel ini seperti sabel kuning hijau, sabel kuning, sabel olive dsb. Burung cinta varian ini memang dapat menyuguhkan kecantikan bulu yang begitu memukau jadi bagi sepasang mata yang memandangnya pasti akan terpesona.

#6. Lovebird Pastel Ijo

Pastel ijo warnanya juga tidak kalah cantik dengan lovebird lainnya, ciri-cirinya warna bulu berwarna hijau namun ada semburat kuningnya, dan kepalanya ada yang warna ke kuning-kuningan dan kemerah-merahan. Pengertian pastel pada burung lovebird adalah warna bulunya yang tampak kalem atau lembut.

#7. Lovebird Pastel Biru

Lovebird pastel biru ciri-cirinya dapat dikenali dari warna sayap dan punggung berwarna kebiruan, pada lehernya berwarna putih dan kepalanya berwarna abu-abu. Balutan warna bulu penghias tubuhnya juga tampak lembut jika diamati.

#8.  Lovebird Dakocan

Lovebird dakocan umumnya memiliki warna bulu hijau, kepalanya warna hitam pekat sehingga kelihatan seperti memakai topeng, dengan krah berwarna kuning. LB dakocan itu memang tampak sangar lantaran wajahnya bak topeng.

#9. Lovebird Blue Cobalt

Lovebird blue cobalt memiliki warna bulu berwarna biru 'blue', kepalanya bertopeng hitam, paruhnya berwarna orange muda hingga tua.

#10. Lovebird Violet

Lovebird violet ini dapat ditengarai pada warna bulunya yang berwarna biru pekat keunguan, paruh berwarna putih pucat, orange muda hingga tua, kepalanya bertopeng hitam pekat. Lovebird ini cukup menarik karana warna bulunya yang pekat dan tegas.

#11. Lovebird Josan / Ijo Standar

Lovebird ijo standard juga sering disebut Josan, burung ini memiliki warna yang tidak kalah cantik yaitu warna bulunya berwarna hijau agak pekat, dari punggung hingga pada bagian perut dan dadanya serta kepalnya berwarna oranye kehitaman sampai leher.

Itulah sekilas informasi ragam Jenis Burung Lovebird warna yang populer di Indonesia ada yang murah sampai termahal. Dari sekian jenis warna lovebird di atas lantas anda pilih yang mana?.

Artikel Terkait