5 Jenis Burung Kolibri / Madu Paling Populer di Indonesia

Tags
Burung Kolibri atau Burung Madu memiliki perawakan yang terbilang sangat mungil. Oleh karena itu tidak heran jika kolibri ini merupakan jenis burung terkecil di dunia. Meski disebut burung paling kecil di dunia tapi burung kolibri juga memiliki beberapa keunggulan diantaranya pandai berkicau dengan gaya khas ala ngobra dan ia juga disebut-sebut sebagai burung penerbang ulung. Dan jenis burung kolibri itu sendiri ada sekitar 300 spesies seperti dikutip dari wikipedia.

jenis burung kolibri
 
Di Indonesia sendiri ada beberapa jenis kolibri yang populer dan difavoritkan para kicau mania. Diantaranya adalah kolibri ninja, kolibri king konin, muncang, kolibri kelapa, dsb. Dari kesemua jenis kolibri yang disebutkan di atas pastinya memilki ciri khas warna berbeda dengan postur yang berbeda pula. Namun yang jelas semua burung madu ini dianugerahi kecantikan warna bulu yang menggoda dengan ciri khas warna bulunya yang metalik atau mengkilap.

Perlu anda ketahui pula bahwa burung kolibri sebetulnya termasuk burung mungil yang dilindungi. Burung kecil pemakan nektar ini sangat membantu untuk melakukan penyerbukan bunga di alam sehingga tanaman akan terus tumbuh lestari. Oleh karena itu, mari kita menjadi kicau mania yang juga peduli dengan lingkungan agar tetap lestari dengan cara tidak memburu atau memikat burung kolibri secara brutal, apalagi burung madu ini juga dilindungi. Berikut jenis burung kolibri / madu populer di tanah air selengkapnya.

Jenis-Jenis Burung Kolibri Terpopuler

#1. Kolibri Ninja (Nectarinia Calcostetha)

gambar kolibri ninja

Burung kolibri ninja merupakan jenis kolibri yang paling populer dan favorit di Indonesia. Adapun ciri-cirinya memiliki postur berukuran mungil sekitar 10 cm dengan corak warna bulu metalik biru tua mengkilap pada bagia kepala hingga punggungya. Tenggorokannya berwarna ungu mengkilap. Dan warna pada bagian dadanya merah tua. Di habitatnya burung ini sering terlihat berada di hutan bakau dan di tepian pantai untuk mencari makan.

#2. Kolibri Kelapa atau Manggar (Anthreptes Malacensis)

gambar kolibri kelapa

Jenis kolibri kelapa ciri-cirinya berukuran sedang sekitar 13 cm. Warna metalik yang ada pada bagian kepala hingga punggungnya berwarna biru mengkilap. Pada bagian dada dan perut berwarna kuning muda. Paruh berwarna hitam dan kakinya hitam ke abu-abuan. Di alam kolibri kelapa sering ditemui berada di areal hutan mangrove, kebun kelapa dan juga pekarangan terbuka untuk mencari serangga dan nektar dari bunga berkemaran sebagai pakannya.

#3. Burung Kolibri Wulung atau Muncang (Anthreptes Singalensis)

gambar kolibri wulung

Jenis kolibri muncang memilki ciri postur sedang sekitar 10 cm dengan warna bulu yang tak kalah eksotis dengan burung madu lainnya. Warna oranye yang ada di bagian leher hingga dada merupakan salah satu warna khasnya yang mudah dikenali. Pada bagian perut dan pantatnya mempunyai warna bulu kuning agak gelap. Di alam ia akan sering terlihat di areal kebun kelapa, hutan cemara untuk memburu serangga kecil dan nektar dari bunga yang bermekaran.

#4. Kolibri Sepah Raja (Aethopyga Siparaja)

gambar kolibri sepah raja

Jenis kolibri sepah raja biasanya identik dengan warna merah yang terang benderang terutama pada bagian wajah, leher hingga dada. Sedangkan pada bagian perut berwarna kuning. Dan bentuk ekornya relatif panjang dengan ukuran yang terlihat kecil. Paruh nya juga terlihat berwarna agak kemerahan dan ia memiliki postur sedang sekitar 13 cm.

#5. Kolibri Sogok Ontong / Sriganti (Nectarinia Jugularis)

gambar sogok ontong atau sriganti

Pengicau mungil ini memiliki ciri warna metalik dari dagu hingga dada dengan warna hitam kebiruan yang tampak mengkilap khususnya untuk burung yang berkelamin jantan sedangkan yang betina tidak ada warna metaliknya. Pada bagian perutnya keduanya mempunyai warna bulu kuning terang.

Demikian informasi mengenai Jenis Burung Kolibri / Burung Madu yang Burungbabe.com share pada kesempatan kali ini. Dan perlu diingat bahwa burung kolibri jantanlah yang memiliki tampilan warna bulu lebih menarik dengan variasi warna metalik yang mengkilap. Sedangkan pada kolibri betina biasanya tidak terdapat warna metalik yang tampak berminyak tersebut.

Artikel Terkait