Mengenal Burung Kolibri / Madu Yang Cantik Mungil dan Pandai Berkicau

Tags
Burung Kolibri atau Burung Madu atau yang dalam bahasa inggrisnya disebut Humming bird merupakan spesies burung terkecil di dunia. Postur badannya hanya sekitar 6,4 cm dengan bobot sekitar 6 gram saja. Meskipun dari segi ukuran badan terbilang sangat mungil akan tetapi burung kolibri satu ini memiliki kemampuan terbang yang sangat memukau, sehingga tak heran jika kemudian ia disebut juga sebagai penerbang ulung. Kolibri sebagian besar hidup di Amerika Utara dan Selatan. nah bagaimana cukup cantik bukan burungnya.

burung kolibri atau burung madu

Burung kolibri ini memang pantas jika dijuluki sebagai burung penerbang handal karena saat ia terbang.. dalam 1 detik bisa mencapai antara 12-80 kali kepakan sayap, dengan gaya terbang yang bisa vertikal, maju dan mundur dimana kemampuan  ini tidak dapat dilakukan oleh jenis burung lain. Dengan segala kelebihan itulah wajar jika burung kolibri dapat mengambil dan menghisap sari nektar bunga dengan mudah.

Sebetulnya Burung Kolibri termasuk salah satu jenis burung yang dilindungi di Indonesia, karena kicauan mungil nan cantik ini sangat membantu penyerbukan bunga secara alami, sehingga turut membantu menjaga ekosistem kelestaraian alam. Namun saat ini banyak rekanan kicau mania yang memiliki dan memelihara burung cantik mungil dan pandai terbang ini.

Skill dan Suara Burung Kolibri

Burung kolibri ternyata juga memiliki skill atau kemampuan berkicau yang mumpuni terutama yang jenis kolibri ninja. Konin atau kolibri ninja mampu berkicau dengan suara crecetan khas dengan alunan suara yang cukup keras dan tajam. Ditambah lagi dengan gaya berkicaunya yang hampir mirip dengan burung kacer yakni gaya ngobra. Berkicau sambil menggoyangkan badan ke kanan dan ke kiri di atas tangkringan. Namun ada pula yang hanya memainkan atau memecutkan ekornya ke atas dan ke bawah.

Saat ini burung kolibri juga masuk dalam daftar sebagai burung lomba. Sehingga banyak kicau mania yang melombakan burung kolibri andalannya di ajang kontes. Meskipun lomba burung khusus Kolibri masih belum segitu marak seperti halnya kacer, lovebird, dll.

Ciri Khas Burung Kolibri


Adapun ciri khas yang paling menonjol dari Burung Madu atau Burung Kolibri adalah posturnya yang mungil. Dengan bentuk paruh yang panjang, kecil dengan ujung yang runcing. Paruh ini digunakan untuk menembus ke dalam kelopak bunga untuk menghisap nektar sebagai makanannya. Warna bulunya juga bervariasi terutama pada kolibri jantan akan memancarkan warna-warni yang mengkilap dan tampak berminyak yang menambah keelokannya. Demikian ulasan seputar Burung Kolibri yang mungil dan imut ini.

Artikel Terkait