Mengenal Burung Kenari Yorkshire Lebih Dekat Plus Gambar Nya

Tags
Burung Kenari Yorkshire | Jika anda ingin tahu burung kenari terbaik bila ditinjau dari segi postur adalah kenari yorkshire. Ya burung pengicau hebat satu ini merupakan jenis kenari postur atau yang dalam bahasa inggrisnya masuk kategori “type canary”. Lantaran kenari yorkshire dianugerahi sederet keunggulan pada tampilan fisiknya yang gagah. Matanya yang tajam, kakinya jingkring, dada yang bidang, suara kicau lantang. Secara keseluruhan penampilannya bak wortel terbalik.

kenari yorkshire

Di tanah air, Kenari yorkshire sangat terkenal di kalanagan kicau mania. Banyak peternak kenari menjadikan kenari yorkshire ini sebagai indukan utama karena memang berkualitas, baik dari segi postur dan suara kicaunya. Sehingga akan menghasilkan anakan yang berkualitas pula. Umumnya Kenari yokser dikawinkan dengan kenari lokal lantas menghasilkan anakan keturunan ke satu yang biasanya disebut Kenari f1 ys (f2,f3,f4 dst) dimana harga anakan tersebut juga terbilang mahal.

Burung kenari yorkshire itu sendiri merupakan burung impor yang awalnya banyak dikembangkan di kota Yorkshire, Inggris (Ring: IOA). Namun saat ini Kenari Yorkshire sudah banyak juga dikembangkan di negara lain seperti Itali (Ring: FOI), Belgia, dan Jerman (Ring: DKB) sehingga ring atau cincin yang dikenakan pun bervariasi menyesuaikan dengan asal negara Yorkshire canary tersebut.


Burung Kenari Yorkshire


Kenari Yorkshire asal mulanya merupakan hasil perkawinan silang antara burung kenari Lancasire dengan Kenari Belgia. Jadi Kenari yokser ini bukanlah burung ras murni melainkan hasil kawin silanda dari 2 varietas burung kenari berbeda. Dan ia juga tidak termasuk burung penyanyi atau yang dalam bahasa inggrisnya dinamakan “song canary” melainkan Kenari Yorkshire adalah tipe kenari postur. Oleh karena itu, keunggulan utamanya terletak pada posturnya.

Meski Kenari Yorkshire tidak termasuk tipe kenari penyanyi, akan tetapi kualitas suara kicaunya jangan diragukan. Suara Kenari Yorkshire dinilai keras dan juga merdu.

Mengingat Kenari Yorkshire adalah kenari postur, maka saat anda hendak membeli burung Yorkshire pada importir kenari atau pada peternak sebaiknya anda pilih yang posturnya berkualitas artinya besar dan proporsional. Semakin bagus postur badannya semakin baik. Dan jika kemudian ia dijadikan pemacek atau pejantan akan menghasilkan anakan yang berkualitas pula dari segi postur badan atau bodinya.

Beruikut beberapa ciri-ciri Kenari Yorkshire yang bagus adalah badannya besar dan panjang mirip sayur wortel yang dibalik, kepalanya besar dan mbarong, dadanya yang bidang, kakinya jingkring atau panjang, bagian tengkuk terlihat bungkuk, matanya bersinar dan tak berair, aktif bergerak, pada bagian kloaka bersih serta suara kicauannya keras dan lantang.

Itulah informasi seputar Kenari Yorkshire yang Burungbabe.com bagikan kali ini. Semoga ulasan di atas bisa menjadi tambahan informasi penting buat sobat semua.

Artikel Terkait