Mengenal Ciri Burung Kenari Lokal Plus Keunggulan dan Gambarnya

Tags
Burung Kenari lokal | Sebelum burung kenari menjadi sangat terkenal seperti sekarang ini. Awalnya burung mungil nan cantik ini berasal dari kepulauan canary, Spayol. Singkat cerita dengan beriringnya waktu pekembangan Kenari begitu pesat hingga menyebar ke berbagai penjuru dunia, termasuk Indonesia. Sehingga khusus burung kenari yang sudah lama beranak-pinak di tanah air lantas dinamakan burung kenari lokal.

kenari lokal

Kenari lokal saat ini mamang menjadi burung kicau paling favorit banyak orang. Karena memang burung mungil nan cantik ini pandai sekali berkicau dengan nyanyian ngerol khasnya. Meskipun postur nya terbilang mini namun jangan anggap remeh kemampuan berkicaunya. Berkat keunggulan itulah kemudian banyak kicau mania jatuh hati ingin memiliki dan merawatnya di rumah.

Burung Kenari Lokal


Di Indonesia populasi burung kenari lokal terbilang sangat banyak. Terlebih akhir-akhir ini juga banyak peternak bermunculan. Sebab untuk beternak Kenari relatif mudah dan tidak membutuhkan biaya yang banyak. Akan tetapi untuk pemula yang ingin membudidayakan Kenari Lokal ini biasnya masih agak kesulitan. Karena peternak sebelum memulai untuk menangkar kenari alangkah lebih baiknya tahu dulu perbedaan kenari jantan dan Betina.

Sebab jika tidak tahu cara membedakan kenari jantan dan betina maka proses penangkaran akan lebih sulit. Jika anda memang pemula dan ingin mulai beternak burung pengicau mungil ini, saya sangat menyarankan untuk mulai Ternak Kenari Lokal terlebih dahulu karena penangkaran Kenari Lokal relatif lebih gampang dan jarang rewel bila dibandingkan dengan ternak kenari besar seperti Yorkshire, Kenari f1, f2 dan seterusnya.

Meskipun namanya Kenari Lokal ternyata burung pengicau satu ini memiliki sederet keunggulan diantarannya harga kenari lokal sangat terjangkau, suara kicaunya tak kalah merdu dengan Kenari mahal lainnya, makanan utamanya pun hanya berupa biji-bijian yang tidak mudah busuk serta ef seperti telur puyuh, buah apel dan sayuran. Selain itu kenari lokal tidak gampang stres sehingga lebih mudah dalam perawatan. Warna bulunya pun cukup beragam ada yang warna kuning, bond, putih, dsb.

Namun Burung Kenari Lokal umumnya memiliki beberapa kekurangan dalam hal postur dan volume suara, yakni ciri postur badannya terbilang kecil sehingga kurang begitu enak dipandang bila dibandingkan dengan kenari bongsor lainnya seperti Kenari Yorkshire, Kenari F1 ys dan sebagainya. Dan suara kenari lokal diklaim masih kalah kencang dengan kenari besar lainnya. Meski begitu Kenari Lokal tetap menjadi peliharaan favorit di kalangan kicau mania Indonesia saat ini.

Artikel Terkait