Mengenal Ciri Burung Kenari Jambul / Gloster (Unik nan Cantik)

Tags
Burung Kenari Jambul atau yang juga sering disebut dengan nama crested canary atau gloster canary menawarkan keunikan dan keindahannya sendiri, karena burung cantik satu ini memiliki ciri spesial pada dirinya yaitu sebuah jambul atau mahkota yang menghias di atas kepalanya. Nah, lantaran bulu jambul itulah menjadikannya sebagai burung kenari yang mudah dikenali diantara varian dan jenis kenari yang lain, lantaran ciri khas jambul uniknya tersebut.

kenari jambul

Seperti kita tahu bahwa Burung Kenari terbagi menjadi tiga kategori, yaitu kenari penyanyi, kenari postur dan juga kenari warna. Dari ketiga kategori tersebut tentunya memiliki keunggulan dan ciri khasnya masing-masing. Khsusus kenari jambul ini masuk kategori kenari postur dimana keunikan atau kelebihannya lebih meniti beratkan pada keindahan postur dan juga keunikan jambulnya tersebut. Meskipun ia tidak termasuk kategori penyanyi bukan berarti suara kenari jambul jelek lho.

Burung Kenari Jambul


Bagi para Kenari Mania semua perlu diketahui pula bahwa sebenarnya burung kenari jambul masih terbagi menjadi 2 kategori lagi yang mengacu pada posturnya. Pertama untuk kenari jambul yang memiliki ciri postur badan yang lebih bulat serta terlihat agak pendek dinamakan Gloster canary. Sedangkan khusus Kenari Jambul yang memiliki ukuran postur badan lebih besar dan panjang disebut crested canary. Secara keseluruhan yang menjadi pembedanya adalah ukuran badannya tersebut.

gambar kenari jambul

Kenari gloster itu sendiri masih dibedakan menjadi 2 varian lagi yaitu Gloster consort dan Gloster corona. Perbedaannya adalah Gloster consort adalah sebutan untuk burung kenari gloster yang tak memiliki jambul atau mahkota di atas kepalanya. Sedangkan spesial gloster corono adalah sebutan untuk kenari gloster yang mempunyai Jambul atau mahkota di atas kepalanya. Jadi Kenari gloster itu tidak semuanya berjambul tapi ada pula yang berjambul atau bermahkota.

Itulah seputar infromasi mengenai Kenari Jambul yang juga cukup populer di Indonesia. Lantaran keunikan pada parasnya dan suara kicau nya juga sering dijadikan sebagai bahan suara masteran dalam mastering Kenari. Tapi perlu anda ketahui pula bahwa tidak semua orang memilih burung Kenari bermahkota ini untuk dijadikan andalan kicau di kontes burung.

Artikel Terkait