Mengenal Ciri Burung Kenari F1 ys Lebih Dekat Plus Gambarnya

Tags
Burung Kenari F1 | Saat ini, Kenari telah menjadi burung peliharaan favorit bagi para pecinta burung kicauan. Meskipun posturnya tergolong kecil akan tetapi kemampuan berkicau ngerolnya patut diacungi jempol. Dalam dunia burung kenari ada beberapa istilah yang cukup beragam, misalnya Kenari F1. Nah, bagi mereka yang tergolong pemula biasanya masih kebingungan dengan istilah kenari f1 tersebut. Namun bagi sobat yang sudah senior sudah pasti tahu dengan istilah tersebut bukan!.

kenari f1


Burung Kenari F1


Kenari f1 itu merupakan sebuah istilah yang ditujukan pada seekor kenari hasil persilangan dari dua kenari berbeda. Dan biasanya salah satu diantara indukannya merupakan burung lokal. Dalam hal ini contoh yang mudah dipahami adalah persilangan antara kenari yorkshire jantan (impor) dikawin silangkan dengan kenari lokal betina, maka anakannya dinamakan kenari f1 ys (ys singkatan dari Yorkshire). Contoh lainnya Kenari Waterslager (impor) dikawinkan dengan Kenari lokal maka keturunannya disebut Kenari f1 waterslager.

Untuk lebih jelasnya saya juga mencontohkan kenari f2 ys. Kenari f2 ys merupakan hasil silang antara Kenari Yorkshire jantan dengan kenari f1 ys (anakan pertama). Jadi Kenari f2 ys itu bukanlah keturunan dari hasil silang Kenari F1 ys VS Kenari F1 ys, melainkan hasil perkawinan dari Kenari Yorkshire (induk) dengan anakan pertamanya.

gambar kenari f1

Ciri fisik kenari f1 ys memiliki kemiripan dengan induknya yaitu kenari yorkshire, seperti pada bagian pundak terlihat agak besar, kaki tinggi, posturnya relatif besar dan panjang. Pada bagian dada juga kelihatan bidang, di bagian wajahnya terlihat sangar, sebab bulu halus di area mata tumbuh cukup panjang yang kemudian dikenal dengan istilah mbarong. Secara keseluran perawakan Kenari F1  terlihat lebih gagah dan berisi dibandingkan dengan burung canary lokal. 

Jika anda mengawinkan Kenari f1 ys X Kenari f1 ys, maka akan menghasilkan anakan yang disebut Kenari af. Namun ada juga peternak yang mengatakan bahwa anakan tersebut adalah f2. Padahal pada teori persilangan kenari f2 bukanlah seperti itu. Biasanya rekan-rekan kicau mania juga menyebutnya kenari f1 lokal.

Buat sobat yang ingin membeli kenari f1 ys asli sebaiknya anda membeli pada peternak langsung. Dengan begitu anda bisa melihatnya secara  langsung pula, apakah pemaceknya Kenari Yorkshire asli atau tidak. Karena tidak jarang pedagang nakal mengatakan sekenanya saja misal karena hanya memiliki postur agak besar lalu disebut Kenari f1 ys.

Demikian sharing tentang Kenari F1 ys yang Burungbabe.com sampaikan pada kesempatan yang berbahagia ini. Semoga buat sobat yang sebelumnya belum paham mengenai burung kenari f1 ys, kini sudah bisa memahaminya dengan pemahaman yang lebih benar.

Artikel Terkait