Cara Pintar Memilih Sangkar / Kandang Lovebird yang Baik

Tags
Kandang Lovebird - Memiliki hewan peliharaan di rumah seperti Burung Lovebird merupakan hal positif yang banyak dilakukan oleh para kicau mania. Dengan adanya burung peliharaan tersebut sedikit banyak dapat membantu kita menghilangkan rasa penat dan bosan karena rutinitas sehari hari.

kandang lovebird, sangkar lovebird

Dengan hadirnya burung lovebird yang cantik tersebut tak menampik juga akan menghadirkan perasaan senang dan bangga bagi si pemilik terlebih bila lovebirdnya gacor dan juara. Namun dalam memelihara lovebird maka kesesuaian Sangkar atau kandang lovebird yang digunakan juga perlu diperhatikan.

Maka dari itu bagi anda yang hendak memilih atau membeli kandang lovebird harus memperhatikan akan kualitas dan tujuan pemeliharaan. Jika pemeliharaan anda bertujuan untuk penangkaran tentu sangkar yang digunakan mestinya Kandang khusus ternak yang biasanya berbentuk kotak persegi dan terbuat dari jeruji besi.

Sedangkan untuk tujuan lomba atau kontes sebaiknya sangkar lovebird yang digunakan adalah Kandang lovebird spesial lomba. Biasanya harga yang dipatok untuk sangkar lomba lebih mahal dibanding sangkar lovebird bulat standar, akan tetapi dari segi model dan kualitasnya lebih istimewa. Berikut beberapa model kandang atau sangkar sesuai fungsinya untuk refrensi.

4 Model Kandang Lovebird Sesuai Fungsi 


#1. Kandang lovebird lomba

Rumah burung cinta satu ini secara umum mempunyai lekukan permukaan yang begitu elok dipandang, lantaran gaya hiasan ukiran atau gambar menjadi penghias utamanya. Dari segi pembuatan tentu lebih rumit sehingga berpengaruh juga terhadap harganya di pasaran yang terbilang cukup tinggi yaitu sekitar Rp 300.000 ketas.

Kandang lovebird yang tampak istimewa ini sangat cocok digunakan di berbagai ever perlombaan burung berkicau karena memang diciptakan untuk itu, namun untuk burung rumahan pun juga bagus malahan lovebird yang menggunakan sangkar lomba ini akan tampak lebih menawan.

#2. Kandang tovebird ternak

Saat ini sangkar khusus penangkaran lovebird sangat mudah sekali kita temui di toko burung dengan berbagai macam merek, namun umumnya memiliki satu ukuran yaitu pxlxt 60x50x50 cm.

Dengan ukuran segitu sudah ideal serta sudah dilengkapi 2 pintu dengan 2 fungsi pula. Pintu pertama ‘kecil’ sebagai akses untuk mengambil makanan dan minuman burung dan pintu satunya yang berukuran lebih besar khusus memasukan dan mengeluarkan glodok sarang lovebird sebagai tempat bertelur dan membesarkan anak-anaknya. Jadi kandang lovebird ternak tersebut sudah sangat ideal dan standard. Harga sangkar ini sekitar Rp 190.000 per biji.

#3. Kandang lovebird bulat standar

Sangkar lovebird satu ini bisa dibilang paling banyak dipilih oleh para lovebird mania di tanah air lantaran bentuk, ukuran dan fungsinya sudah mumpuni.

Disamping itu sangkar bulat satu ini juga sering digunakan untuk mengikuti kontes lovebird, meski dari segi model masih kalah bagus dari tipe sangkar lomba, namun ia memiliki kontruksi yang tak kalah kokoh dan multi fungsi yaitu bisa diisi untuk burung anakan, dewasa, perawatan harian bahkan untuk even lomba sekalipun. Enaknya lagi harga yang ditawarkan lebih terjangkau yakni sekitar Rp 120.000.

#4. Kandang lovebird ternak koloni

Dalam beternak lovebird ada satu metode yang cukup potensial yaitu dengan cara ternak koloni. Khusus kandang ternak lovebird koloni tentu ukurannya cukup besar sehingga muat untuk beberapa pasangan lovebird.

Adapun keunggulan breeding LB secara koloni seperti ini ialah lebih praktis dari segi perawatan dan petrnak tidak perlu melakaukan penjodohan terlebih dahulu sebab setiap burung lb akan mencari pasangannya sendiri selain itu penangkar cukup memberikan makanan dan minuman di satu tempat saja sehingga lebih praktis. Namun kekurangannya peternak tidak bisa mengontrol pasangan lovebird tersebut sesuai keinginan.

Tips Memilih Kandang Burung Lovebird yang Ideal
  • Pilihlah kandang lovebird sesuai tujuan.
  • Memilih sangkar berukuran ideal.
  • Dan jangan lupa lalu kebersihan sangkar senantiasa dijaga.

Burung Lovebird sangat familiar dengan bentuk paruhnya yang kokoh sehingga ia juga disebut sebagai burung paruh bengkok. Maka dari itu dalam mememlihara LB jangan sesekali menggunakan sangkar berbahan kayu atau bambu jika tidak ingin digerogoti hingga akhirnya lovebird lepas.

Tapi gunakanlah rumah ideal untuknya yakni Kandang Lovebird yang dibuat dari jeruji besi yang kini sudah banyak dijual di pasaran. Sekian tips pemilihan sangkar lovebird dari BurungBabe.com

Artikel Terkait