2 Cara Menjodohkan Burung Lovebird Paling Ampuh

Tags
Cara Menjodohkan Lovebird - Dewasa ini Lovebird telah menjelma dari sekedar burung hiasan di rumah menjadi salah satu sosok burung pesolek yang banyak diikutkan dalam ajang lomba burung berkicau. Dan peminatnya pun begitu ramai sehingga banyak orang yang berkeinginan untuk membudidayakan burung lovebird ini. Namun bagi pemula biasanya masih belum tahu bagaimana cara menjodohkan lovebird yang baik dan ampuh.

cara menjodohkan lovebird

Maka dari itu agar proses penjodohan lovebird berhasil tentu diperlukan pengetahuan tentang cara menjodohkan lovebird tersebut. Dan sebaiknya anda juga bisa membedakan antara ciri lovebird pejantan dan betina, jika belum tahu baca cara membedakan lovebird jantan dan betina.

Dalam Menjodohkan Lovebird anda juga harus tahu perbedaan lovebird yang betul-betul berjodoh dengan burung yang hanya sekedar berpasangan. Sebab ada kalanya burung paruh bengkok yang terlihat cantik ini kerap berpasangan sesama jenis baik sesama betina maupun pejantan. Nah bila sudah demikian jangan berharap mereka akan mengahasilkan anakan.

Bisa kebayang kan jika mereka berpasangan sesama jenis. Ciri-ciri lovebird berpasangan sesama jantan adalah burung tersebut tidak akan pernah bertelur meskipun dalam waktu cukup lama sedangkan bila berpasangan sesama betina maka mereka akan bertelur lebih banyak bisa sampai 8-10 butir, sebab kedua betina tersebut bertelur semua namun meski dierami tidak akan pernah menetas karena tidak dibuahi oleh pejantan.

Menjodohkan Lovebird


Penjodohan artinya proses pengenalan antara burung pejantan dengan betina maupun sebaliknya. Sebelum penjodohan lovebird dimulai pastikan bahwa usianya sudah matang kelamin artinya sudah siap diternak atau dikawinkan. Idealnya untuk burung lovebird siap ternak bila umurnya sudah 8 bulanan, lebih baik lagi berumur 1 tahun.

Lain ceritanya jika anda menyatukan lovebird pejantan dan betin diusia muda misal baru umur 3 bulanan ya tidak masalah dengan begitu disaat usianya sudah matang maka mereka akan langsung berjodoh tanpa perlu dijodohkan kembali dan bisa langsung dipindah ke kandang ternak yang sudah dilengkapi glodok tempat bertelur dan perlengkapan lainnya.

Cara Menjodohkan Lovebird Terbukti Ampuh


#1. Menjodohkan lovebird secara koloni atau kelompok

Penjodohan lovebird secara koloni ini bisa dikatakan metode paling ampuh lantaran burung lovebird akan mencari pasangannya sendiri sehingga mereka lebih cepat berjodoh tanpa campur tangan penangkar. Namun peternak harus menyediakan kandang koloni tersebut yang secara umum ukurannya lumayan besar sehingga bisa menampung beberapa pasang lovebird.

jika anda sudah memlihat ada sepasang lovebird yang telah berjodoh di kandang koloni tersebut maka anda bisa tangkap pasangan tersebut di malam hari kemudian pindah ke kandang ternak soliter (sangkar ternak khusus sepasang).

Tips Menjodohkan Lovebird Secara Koloni

a. Siapkan beberapa varian lovebird jantan dan betina yang diinginkan misal ada lovebird lutino, albino, blorok ataupun varian lb lain. Namun saran saya sebaiknya diisi dengan varian lb yang betul-betul dinginkan sebab kita tidak bisa mengontrol bahwa yang lutino harus berjodoh dengan lutino begitu sebaliknya.

b. Pastikan di dalam kandang lovebird koloni perbandingan antara pejantan dan betina seimbang atau bisa lebih banyak yang betina, maka dari itu anda juga dituntut paham membedakan jenis kelamin lovebird tersebut. Dan usianya sudah dewasa atau matang kelamin semua.

c. Penjodohan secara koloni lebih tepat bagi mereka yang memilki modal lebih sebab harus menyediakan sangkar yang pembuatannya tentu lebih mahal dan harus menyiapkan beberapa burung lovebird dalam jumlah banyak sekaligus.

#2. Menjodohkan lovebird sepasang

Cara menjodohkan lovebird satu ini terbilang irit sebab hanya menyiapkan sepasang lovebird betina dan jantan. Siapkanlah burung LB yang sudah cukup umur yaitu sekitar 8 bulanan atau yang masih muda juga tidak apa-apa.

Untuk menjodohkan lovebird muda bisa langsung disatukan dalam 1 sangkar namun untuk menjodohkan lovebird dewasa sebaiknya dipisah dulu dengan sangkar berbeda kemudian kedua sangkar saling didekatkan hingga beberapa hari.

Jika kedua LB sudah terlihat tanda-tanda ingin selalu berdekatan cobalah satukan dalam sangkar, bila keduanya saling bercumbu seperti sedang berciuman dan saling menyisir bulu satu sama lain itu pertanda sudah berjodoh. Lalu lengkapi kandang ternak lovebird dengan gupon atau glodok namun sebaiknya jangan terburu-buru juga.

Cara Mengawinkan Lovebird


Sebetulnya dengan adanya proses penjodohan lovebird seperti yang diterangkan di atas maka pasangan lovebird akan kawin dengan sendirinya asal keduanya sudah saling berjodoh. Namun jikalau belum berjodoh mereka kerap berantem satu sama lain yang menjadi objek serangan biasanya kaki burung tersebut.

Ada kalanya juga walau lb sudah berjodoh tapi tidak segera kawin lantaran birahinya kurang oleh karena itu cobalah tambahkan makanan ekstrafooding seperti jagung muda agar birahinya terdongkrak.

Itulah tips Cara Menjodohkan Lovebird secara efektif dan ampuh yang dapat Burungbabe sampaikan pada kesempatan hari ini. Semoga bermanfaat.

Artikel Terkait