7 Cara Jitu Membedakan Lovebird Jantan dan Betina Akurat

Tags
Bagi seorang kicau mania yang memang gemar burung kicau alangkah baiknya harus mampu membedakan jenis kelamin seekor burung. Salah satunya adalah tahu cara membedakan lovebird jantan dan betina dengan mudah.

Lovebird merupakan burung paruh bengkok yang juga kerap disebut burung cinta lantaran kesetiaan dan suka bercinta dengan pasangannya. Lihat saja kedua pasangan burung lovebird ini sering terlihat bercumbu dan seringkali melakukan perkawinan yang jika diamati cukup unik dan menghibur dengan durasi cukup lama disertai gaya kawin yang seksi.

cara membedakan lovebird jantan dan betina

Bagi anda yang hendak beternak lovebird maupun ingin memburu lovebird gacoran mestinya tahu ciri-ciri lovebird jantan dan ciri-ciri lovebird betina seperti apa. Jika anda sudah bisa membedakan jenis kelaminnya maka ini sebuah keuntungan bagi anda. Diantaranya anda tidak akan terkecoh saat hendak membeli maupun menjual lovebird sesuai jenis kelamin yang diinginkan. Baca: Cara ternak lovebird.

Satu lagi ketika anda mencoba membudidayakan lovebird maka anda pun akan lebih cepat sukses sebab anda sudah tahu burung yang  sedang diternak merupakan lovebird jantan dan betina lantaran anda sudah paham ciri-ciri kelaminnya.

Bayangkan saja bila anda salah menentukan kelamin lovebird yang hendak diternak tentu anda akan kehilangan banyak waktu nantinya sebab burung LB yang diternak tersebut tidak akan beranak pinak, bisa saja mereka sama-sama jantan atau betina semua.

Perlu diketahui di kandang penangkaran lovebird yang sama-sama jantan juga tampak seperti pasangan jantan dan betina namun mereka tak akan pernah bertelur karena semuanya jantan. Dan di sangkar ternak lovebird yang sama-sama betina pun mereka akan tampak kawin pada umumnya dan akan bertelur dengan jumlah lebih banyak namun telurnya tidak akan pernah menetas.

Maka dari itu penting sekali sebagai lovebird mania anda harus tahu perbedaan lovebird jantan dan betina. Namun bagi pemula biasanya masih kesulitan dalam menganalisa jenis kelamin lovebird tersebut.

Cara Membedakan Lovebird Jantan dan Betina

Berikut beberapa poin penting dalam menentukan jenis kelamin lovebird.

Ciri-ciri lovebird jantan
  • Bentuk ujung ekor lebih lancip menyerupai huruf V.
  • Jarak kedua kaki lebih rapat saat bertengger.
  • Saat bertengger tampak lebih tegap dan bulu disekitar kloaka atau perut terlihat tak menyentuh tangkringan.
  • Ukuran supit urang lebih sempit, ukuran sempit tersebut ujung jari telunjuk tidak bisa masuk ketika diraba.
  • Ujung kedua sayap tampak berbentuk gunting menyilang atau paling tidak ujung sayap saling nempel.
  • Bodinya terlihat lebih ramping dan memanjang.

Ciri-ciri lovebird betina
  • Bentuk ujung ekor tampak tumpul dan lebih pendek.
  • Jarak kedua kaki lebih lebar atau selebar bahu saat bertengger.
  • Saat bertengger tampak lebih rendah dan terkadang bagian bulu di perut atau kloaka menyentuh tangkringan.
  • Ukuran supit urang lebih lebar, ukuran lebar tersebut ujung jari telunjuk (posisi miring) bisa masuk ketika diraba.
  • Ujung kedua sayap tampak renggang alias tak bersentuhan antara ujung sayap kanan dan kiri.
  • Bodinya terlihat lebih besar namun bulat.

Gambar Perbedaan Lovebird Jantan dan Betina

Berdasarkan fakta di lapangan bahwa Lovebird Betina umumnya lebih difavoritkan kicau mania lantaran lovebird betina dikenal lebih mudah nampil mengeluarkan suara kekean panjangnya serta birahinya lebih terkontrol.

Meski begitu sebagai pemilik harus memberikan perawatan dan pelatihan yang baik terhadap burung cinta peliharaannya. Agar ia dapat memberikan penampilan terbaik saat digantang dirumah maupun ketika diikutkan dalam kontes burung kicau.

Akan tetapi ada juga Lovebird Jantan yang mampu ngekek panjang hanya saja sebagian pemain berpendapat khusus LB pejantan umumnya tingkat birahinya lebih sulit dikontrol sehingga kurang maksimal performanya saat lomba. Itulah informasi Cara Membedakan Lovebird Jantan dan Betina dari Burung Babe. Semoga membantu dan bermanfaat buat sobat semua..

Artikel Terkait