Mengenal Burung Lovebird / Cinta Paruh Bengkok yang Ngekek Panjang

Tags
Burung Lovebird termasuk salah satu burung pesolek yang sangat terkenal di dunia dan di tanah air. Pasalnya Lovebird atau yang juga umum disingkat LB ini memiliki kemampuan berkicau dengan gaya dan suara yang tidak biasa layaknya burung kicauan kebanyakan. Burung pesolek berperawakan cantik nan unik ini merupakan satu-satunya burung parrot atau paruh bengkok yang dilombakan dalam hal tarikan suara ngekeknya yang panjang di Indonesia.

lovebird, burung lovebird

Awalnya ia hanya dijadikan burung hias di rumahan, namun dengan beriringnya waktu kini Lovebird telah menjelma menjadi salah satu burung lomba yang paling banyak penggemarnya.

Lovebird memang dielu-elukan akan kecantikan warna bulu yang menghiasi tubuhnya serta skill dan gaya berkicau yang luar biasa menghibur. Maka dari itu pada saat burung cinta ini dilombakan diajang kontes burung berkicau ia akan menampilkan kebolehan tarikan suara ngekek panjangnya serta style yang tidak dimiliki oleh burung lomba lainnya.

Lovebird memang dapat menyuguhkan  penampilan yang benar-benar apik saat berkicau, ditambah lagi oleh balutan warna bulu yang warni-warni menjadikan nya terlihat lebih istimewa. Selain itu, Lovebird juga di cap sebagai burung cinta lantaran karakternya yang penyayang dan setia pada pasangannya.

Jenis Burung Lovebird Favorit


Tahukan anda bahwa ada beberapa varian lovebird yang difavoritkan oleh para pecinta burung tanah air yaitu Lovebird Biola, Lovebird Ewuinglovebird lutino, lb lutino mata merah, lb albino, lb blorok, lb batman, lb pastel kuning, lb violet, dan masih banyak lagi lainnya..

Akan tetapi tren dan minat seseorang bisa saja berbeda. Jika dilihat pada lekukan tubuh semua lovebird memang terlihat sama namun bila diperhatikan pada warna bulunya tentu bermacam-macam seperti yang disebutkan di atas sehingga nama yang disandangnya pun berbeda pula.

Hal diatas yang membedakan antara lovebird albino dan lutino serta varian warna lainnya hanyalah terletak pada warna bulu yang menempel di tubuhnya. Sedang dari segi bentuk dan ukuran sama.

Adapun ciri-ciri lovebird albino dapat dengan mudah dikenali pada warna bulunya yang putih polos, hingga kesan yang dipancarkan oleh LB albino adalah putih bersih. Untuk Lovebird lutino dapat dengan mudah dikenali dari bulu di sekujur tubuhnya dominan kuning cerah dengan variasi kemerah-merahan pada bagian leher hingga ujung kepala, dan yang paling disukai adalah lovebird lutino mata merah.

Spesial lovebird blorok tandanya memiliki keindahan warna bulu yang tak beraturan namun disitulah letak keistimewaannya. Khusus pada lovebird batman sangat gampang sekali dideteksi dari bulunya yang berwarna hitam dominan hingga menyerupai bat man atau segelap kelelawar sesuai julukannya.

Dan satu lagi burung lovebird yang paling diincar oleh para pemain burung kontes adalah lovebird lomba. Umumnya seseorang tidak memperdulikan akan keindahan warna bulunya yang cantik itu tetapi yang terpenting lovebird lomba mempunyai kemampuan ngekek dengan durasi cukup panjang minimal 20 detik dan harus gacor, artinya rajin ngekek dengan durasi panjang setiap saat.

Dalam perlombaan lovebird umumnya lebih mudah dalam penilaian, sebab Lovebird yang rajin gacor dengan kekean panjang sangat mudah sekali di pantau di antara LB yang tak berkicau sama sekali.

Skill Berkicau Lovebird


Lovebird dianugerahi kemampuan berkicau yang unik dan sangat berbeda dengan burung kontes lainnya. Burung cinta ini tidak akan segan-segan menunjukan kebolehannya di atas gantangan ketika lomba berlangsung dengan cara tarikan suara kicau yang keras disertai gaya ngekek yang khas. Karena alasan itulah membuat lovebird menjadi burung lomba yang sangat dimininati di Indonesia sekarang ini.

Selain lovebird dikenal sebagai  burung ahli ngekek panjang ternyata ia juga memiliki kemampuan lebih dalam menirukan suara jenis burung kicau lainnya seperti suara ciblek, celilin, cucak jenggot dan sebagainya. Jadi sebetulnya lovebird itu bisa dimaster pula dengan suara kicauan burung lain.
 

Cara Merawat Lovebird


Ada beberapa tips sederhana agar lovebird tetap sehat serta rajin gacor adalah memperhatikan kebutuhan pakan dan jenis makanan yang digemarinya serta menjemur dan memandikan nya juga menjadi faktor penting agar lovebird selalu fit serta rajin ngekek.

Anda juga harus melatihnya dengan memperdengarkan suara masteran lovebird istimewa agar ia mampu melantunkan suara masteran tersebut dengan istimewa pula dengan kata lain mampu ngekek panjang dengan baik.

Makanan Lovebird


Lovebird masuk kategori burung pemakan biji-bijian. Dan pakan biji-bijian yang disukai adalah canary seed, biji matahari, milet putih, milet merah. Selain itu LB juga suka menyantap sayuran seperti kangkung dan jagung muda.

Dalam memberikan makanan lovebird tidak boleh asal, sebagai pemilik juga dituntuk memberikan pakan terbaik untuknya. Pakan yang diberikan pun seyogianya harus diberikan secara selang seling agar LB tidak bosan dengan menu makanannya. Praktisnya berilah pakan bijian mix yang banyak dijual di pasaran.


Sangkar Lovebird


Apabila anda hendak memelihara burung pesolek nan cantik ini maka anda harus menyiapkan sangkar lovebird yang kokoh umumnya terbuat dari bahan jeruji besi. Sekarang sangat mudah didapat di toko burung anda bisa membelinya secara langsung maupun online.

Penting untuk tidak menggunakan sangkar yang terbuat dari bahan kayu, sebab sangkar kayu sangat tidak cocok bagi burung paruh bengkok. Kita tahu kalau LB itu memiliki paruh yang meruncing tajam dan kokoh. Jika pemilik memaksakan diri untuk menggunakan kandang yang dibuat dari kayu dan bambu maka siap-siaplah lovebird kesayangannya lepas ke alam bebas.

Demikianlah pembahasan mengenai Burung Lovebird dari Burungbabe.com dimana burung cantik dan berparuh bengkok ini mampu berkicau dengan kualitas serta gaya yang sungguh memukau bagi sepasang mata yang memandangnya.

Artikel Terkait

This Is The Oldest Page